PEMBELAJARAN TAHSIN AL-QUR’AN PADA SANTRI KELAS 1 MADRASAH DINIYAH PONDOK PESANTREN AL-QUR’AN AL-AMIN PABUWARAN, PURWOKERTO UTARA

Main Author: Shifa Auliya Nurul Hikmah, 1522402035
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/7155/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/7155/2/SHIFA%20AULIYA%20NURUL%20HIKMAH_PEMBELAJARAN%20TAHSIN%20AL-QUR%E2%80%99AN%20%20PADA%20SANTRI%20KELAS%201%20MADRASAH%20DINIYAH%20PON.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/7155/
Daftar Isi:
  • Tujuanpenelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apa saja materi pembelajaran tahsin Al-Qur’an pada santri kelas 1 Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Amin Pabuwaran, Purwokerto Utara dan untuk mendeskripsikan metode pembelajaran tahsin Al-Qur’an pada santri kelas 1 Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Amin Pabuwaran, Purwokerto Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah dewan Pembina, ketua pengurus putri pondok pesantren, ustadzah yang mengajar tahsin, dan beberapa santri kelas 1 Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Amin Pabuwaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah itu, data yang diperoleh dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data dan membuat conclusion atau kesimpulan. Adapun kesimpulan penelitian berdasarkan analisis data adalah: (1) Materi yang disampaikan dalampembelajaran tahsin Al-Qur’an pada santri kelas 1 Madrasah Diniyah Pondok Pesantren AlQur’an Al-Amin Pabuwaran, Purwokerto Utaraadalahmakharijul huruf, sifat-sifat huruf, hukum-hukum tajwid, macam-macam mad, bacaan-bacaan garib dan tanda baca waqaf.(2) Metode yang digunakan dalam pembelajaran tahsin Al-Qur’an pada santri kelas 1 Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Amin Pabuwaran, Purwokerto Utara adalah metode ceramah, klasikal baca simak murni dan metode tanya jawab. Ustadzah juga mengajarkan metode ketukan kepada santrinya ketika praktik baca Al-Qur’an untuk menyamakan dan membenarkan panjang pendek bacaan Al-Qur’an santri. Kata kunci: Pembelajaran, Tahsin, Al-Qur’an.