Daftar Isi:
  • Anaktunagrahitaadalahanak yang memilikidayakecerdasan yang rendahdansulitberadaptasidengankehidupansehari-hari.Anaktunagrahitaseringkalimempunyaimasalahdalamkemandiriantentunyadalammelakukankegiatansehari-harisepertimandi, berpakaiantoileting, danmakansecaramandiri.Selain orang tua yang mendidikanaktunagrahitadirumah, guru jugasangatberperanpentingdalammengoptimalkankemampuan ADL dasarpadaanaktunagrahitadisekolah. Rumusanmasalah yang diajukanadalah bagaimana peran guru dalam meningkatan kemandirian anaktunagrahitadanfaktor-faktor yang mendukungdanmenghambatperan guru dalammeningkatkankemandiriananaktunagrahita. Penelitianinimerupakanpenelitiankualitatifdeskriptif.Dalamhalini, hasilpenelitianakanmendeskripsikanperan guru dalammeningkatkankemandiriananaktunagrahitadan factor pendukungsertapenghambatkemandiriananaktunagrahita. Metodepengumpulan data yang digunakanyaitudengancarametodewawancara (interview), metodeobservasidandokumentasi. Sedangkanuntukanalisis data, penulismenggunakanmetodeanalisisdeskriptif. Hasilpenelitianinidapatdisimpulkanbahwaperan guru dipengaruhiolehbeberapahalantaralainyaitu factor emosi, kurangadanyamotivasidari orang tuamaupunpengasuh, kondisifisikanaktunagrahitadankeadaanekonomianaktunagrahita. Untukpenelitiselanjutnyadirekomendasikandapatmenelititentangterapiuntukmeningkatkandayakecerdasanpadaanaktunagrahita.