PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK TUNAGRAHITA DI SMALB C YAKUT PURWOKERTO
Main Author: | ABDUL MUTOLIB, 1323103004 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/7151/1/ABDUL%20MUTOLIB_PERAN%20GURU%20DALAM%20MENINGKATKAN%20KEMANDIRIAN%20ANAK%20TUNAGRAHITA%20DI%20SMALB%20C%20YAKUT%20PURWOKE.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/7151/2/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/7151/ |
Daftar Isi:
- Anaktunagrahitaadalahanak yang memilikidayakecerdasan yang rendahdansulitberadaptasidengankehidupansehari-hari.Anaktunagrahitaseringkalimempunyaimasalahdalamkemandiriantentunyadalammelakukankegiatansehari-harisepertimandi, berpakaiantoileting, danmakansecaramandiri.Selain orang tua yang mendidikanaktunagrahitadirumah, guru jugasangatberperanpentingdalammengoptimalkankemampuan ADL dasarpadaanaktunagrahitadisekolah. Rumusanmasalah yang diajukanadalah bagaimana peran guru dalam meningkatan kemandirian anaktunagrahitadanfaktor-faktor yang mendukungdanmenghambatperan guru dalammeningkatkankemandiriananaktunagrahita. Penelitianinimerupakanpenelitiankualitatifdeskriptif.Dalamhalini, hasilpenelitianakanmendeskripsikanperan guru dalammeningkatkankemandiriananaktunagrahitadan factor pendukungsertapenghambatkemandiriananaktunagrahita. Metodepengumpulan data yang digunakanyaitudengancarametodewawancara (interview), metodeobservasidandokumentasi. Sedangkanuntukanalisis data, penulismenggunakanmetodeanalisisdeskriptif. Hasilpenelitianinidapatdisimpulkanbahwaperan guru dipengaruhiolehbeberapahalantaralainyaitu factor emosi, kurangadanyamotivasidari orang tuamaupunpengasuh, kondisifisikanaktunagrahitadankeadaanekonomianaktunagrahita. Untukpenelitiselanjutnyadirekomendasikandapatmenelititentangterapiuntukmeningkatkandayakecerdasanpadaanaktunagrahita.