EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM TAḤFĪẒAL-QUR’AN DI SDIT HARAPAN BUNDA PURWOKERTO
Main Author: | Eka Novita Sari, 1522401011 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/7140/1/EKA%20NOVITA%20SARI_EVALUASI%20PELAKSANAAN%20PROGRAM%20TAHFIZ%20AL-QUR%E2%80%99AN%20DI%20SDIT%20HARAPAN%20BUNDA%20PURWOKERTO.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/7140/2/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/7140/ |
Daftar Isi:
- Programtaḥfīẓ al-Qur’an di SDIT Harapan Bunda Purwokerto, merupakan program unggulan sekolah yang sudah berjalan sejak tahun 2010. Akan tetapi belum ada evaluasi secara menyeluruh terkait program ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan evaluasi pelaksanaan programtaḥfīẓ al-Qur’an di SDIT Harapan Bunda Purwokerto dengan menggunakan model CIPP yang dikembangkan oleh Daniel L. Stufflebeam, dkk. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluatif. Teknik penumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah sebagai berikut : 1) Komponen context, perumusan visi, misi dan tujuan program dapat dikatakan memenuhi kriteria, akan tetapi belum adanya perubahan terkait dengan visi program. 2) Komponen input, menunjukkan bahwa input guru, siswa, kurikulum dan sarana prasarana dapat dikategorikanmemenuhi kriteria. Namun, dalam input guru, dimana input guru kurang memenuhi kriteria yaitu di SDIT Harapan Bunda Purwokerto tidak ada kualifikasi harus memiliki beberapa juz dan tidak ada surat rekomendasi dari yayasan.Dari input siswa, dimana siswa belum sepenuhnya memenuhi kriteria ideal untuk menghafal al-Qur’an karena siswa secara keseluruhan belum memahami ilmu tajwid dan juga belum sepenuhnya memahami kaidah bahasa arab, dan belum dapat membaca al-Qur’an dengan lancar.Dari input sarana prasarana, ruang belajar dalam pembelajarantaḥfīẓdibeberapa ruang tertentu masih kurang terasa nyaman. 3) Komponen process, meliputi penggunaan metode, media, materi dan waktu pembelajarantaḥfīẓdapat dikatakan memenuhi kriteria. Untuk materi, penetapan atau pemilihan materi tahfiz, sudah disamakan secara umum antara siswa berkemampuan menengah keatas dan siswa khusus ABK. Terkait penempatan waktu sudah memenuhi kriteria yaitu pembelajarantaḥfīẓdilaksanakan pada pagi hari pukul 07.15-08.20 WIB. 4) Komonen product dapat dikatakan memenuhi kriteria bahwa siswa sudah mencapai KKM yang ditentukan yaitu 7.5. Namun, terkait pencapaian taḥfīẓ saat ini belum ada prosentase terkait pencapaian taḥfīẓsiswa.