IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF DI KELAS IV SD NEGERI SIDASARI 01 KECAMATAN SAMPANG KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Main Author: | NOVI NUR AFIANTI, NIM. 1223305083 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/713/1/Novi%20Nur%20Afianti%20%28IMPLEMENTASI%20PEMBELAJARAN%20TEMATIK%20INTEGRATIF%20DI%20KELAS%20IV%20SD%20NEGERI%20SIDASARI%2001%20KECAMATAN%20SAMPANG%20KABUPA~1.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/713/2/COVER_ABSRTAK_DAFTAR%20ISI_BAB%20I_BAB%20V.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/713/ |
Daftar Isi:
- Pembelajaran tematik integratif merupakan pembelajaran yang mengintegrasikan beberapa kompetensi dari berbagai mata pelajaran ke dalam berbagai tema. Pemaduan tersebut dilakukan dalam dua hal yaitu integrasi sikap, keterampilan, dan pengetahuan dalam proses pembelajaran dan terpadu konsep dasar yang berkaitan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran tematik integratif di kelas IV SD Negeri Sidasari 01 Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penenlitian kualitatif. Untuk memperoleh informasi dan data-data yang diperkuat dalam penelitian, maka penulis menggunakan beberapa metode yaitu metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pembelajaran tematik integratif di kelas IV SD Negeri Sidasari 01 sudah dilaksanakan dengan cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari pembelajaran yang dilaksanakan sudah sesuai dengan karakteristik pembelajaran tematik integratif, antara lain berpusat pada anak, pemisahan mata pelajaran yang tidak begitu jelas, dan telah menyajikan berbagai konsep dari berbagai mata pelajaran dalam satu proses pembelajaran. Pada tahapan perencanaan pembelajaran tematik integratif dalam tahap mendesain rencana pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran (RPP), guru telah melaksanakan sendiri berdasarkan pada tema yang ditentukan oleh pemerintah dengan pengembangan yang dilakukan oleh guru sesuai dengan karakteristik RPP tematik integratif. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran tematik integratif dilakukan menggunakan tiga tahap pelaksanaan yang saling berkesinambungan antara satu dengan yang lainnya. Diantaranya adalah tahap pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. Pada tahap evaluasi pembelajaran tematik integratif, menggunakan penilaian autentik yang meliputi penilaian aspek pengetahuan, penilaian aspek sikap, dan penilaian aspek keterampilan. Hasil penelitian ini sangat bermanfaat bagi para praktisi di bidang pendidikan dalam menerapkan pembelajaran tematik integratif. Kata Kunci: Pembelajaran Tematik Integratif, Sekolah Dasar