UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PAI MATERI IMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH MENGGUNAKAN STRATEGI CARD SORT BAGI SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 2 PADAMARA KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2019/ 2020

Main Author: : Dwi Margiono, 1522402222
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/7122/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/7122/2/DWI%20MARGIONO_UPAYA%20MENINGKATKAN%20PRESTASI%20BELAJAR%20PAI%20MATERI%20IMAN%20KEPADA%20KITAB-KITAB%20ALLAH%20MENGGUN.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/7122/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Padamara Kabupaten Purbalingga, mata pelajaran PAI materi Iman Kepada Kitab-Kitab Allah menunjukan hasil yang rendah dan mendapatkan nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) PAI . Mata pelajaran PAI mecangkup aqidah, akhlak , fikih dan sejarah yang akan membawa ke sebuah pemahaman. Kegiatan pembelajaran PAI materi Iman kepada kitab-kitab Allah pada kelas VIII A ini dilakukan dengan metode Card Sort. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui gambaran proses keaktifan peserta didik dengan mengunakan metode Card Sort. (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI materi Iman kepada kitab-kitab Allah menggunakan metode Card Sort pada peserta didik kelas VIII A. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Subjek yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian sebanyak 32 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan tes, lembar observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasi peneltian ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II menggunakan tes, lembar observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasi peneltian ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II. Dari data tes siklus I dapat diketahui peingkatan pada rata-rata kelas yaitu 76 dan pada siklus II 82. Dapat diketahui bahwa ada peningkatan hasil belajar pada setiap siklus. Pada siklus I terjadi peningkatan peserta didik yang tuntas menjadi 21 peserta didik (65,63%) dari 32 peserta didik. Pada siklus II terjadi peingkatan peserta didik yang tuntas belajar menjadi 30 peserta didik (93,75%) dari 32 peserta didik. Hal ini membuktikan bahwa penggunaa metode Card Sort pada mata pelajaran PAI matri iman kepada kitab-kitab Allah dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas VIII A SMP Negeri 2 Padamara.