Daftar Isi:
  • Semakin ketatnya persaingan bisnis saat ini merupakan sebuah tantangan bagi para pengusaha untuk dapat tetap bersaing dengan perusahaan lain. Dengan adanya persaingan yang semakin luas, dibutuhkan adanya strategi pemasaran agar perusahaan dapat terus berkembang dan dapat meningkatkan volume penjualan. Begitupun pada CV. Daya Cipta yang merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang kontruksi, yang menggunakan strategi pemasaran dengan menyesuaikan kebutuhan konsumen maupun strategi pesaing serta terus menerus membandingkan nilai dan kepuasan pelanggan dengan nilai yang diberikan oleh produk, harga, distribusi, dan promosinya terhadap pesaing dekatnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan bauran pemasaran pada CV. Daya Cipta untuk meningkatkan volume penjualan dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu suatu penelitian yang dilakukan dilokasi penelitian dengan mengadakan pengamatan tentang suatu fenomena dalam suatu keadaan alamiah. Data diperoleh dari subyek penelitian seperti pemilik dan karyawan CV. Daya Cipta. Sedangkan dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan metode analisis SWOT. Lokasi penelitian dilaksanakan di CV. Daya Cipta, Pasir Wetan, Karanglewas. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan bauran pemasaran pada CV. Daya Cipta sudah cukup baik,terutama pada aspek harga,hanya saja masih ada aspek yang belum terpenuhi, seperti pada aspek produk, distribusi, dan promosi. Namun penerapan keempat unsur tersebut sudah sesuai dengan prinsip syariah.