OPTIMALISASI BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MENGATASI PROKRASTINASI SISWA DI MTs MUHAMMADIYAH PETAMBAKAN BANJARNEGARA
Main Author: | Rizal Abdul Faqih, 1423101082 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/7093/1/COVER_BAB%20I_BAB%20_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/7093/2/RIZAL%20ABDUL%20FAQIH_OPTIMALISASI%20BIMBINGAN%20DAN%20KONSELING%20UNTUK%20MENGATASI%20PROKRASTINASI%20SISWA%20DI%20MTs.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/7093/ |
Daftar Isi:
- Optimalisasi suatu tindakan/kegiatan untuk meningkatkan dan mengoptimalkan, untuk itu diperlukan intensifikasi dan ekstensifikasi subyek dan obyek pendapatan. Bimbingan konseling adalah membantu siswa agar mampu mengembangkan diri menjadi insan yang berguna dalam kehidupannya,juga sebagai tempat mengungkapkan permasalahan baik dilingkungan sekolah maupun dilingkungan tempat tinggal siswa. Kemunculan prokrastinasi akademik seringkali disebabkan oleh perasaan takut salah, perfeksionis (menuntut kesempurnaan), malas serta lemahnya motivasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui optimalisasi bimbingan dan konseling untuk mengatasi prokrastinasi siswa di MTs Muhammadiyah Petambakan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, penelitian lapangan yang bersifat deskriptif. Adapun subyek penelitian ini yaitu kepala sekolah sebagai informasi sejarah sekolah, guru BK, dan empat orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam konteks bimbingan disekolah dan madrasah bahwa bimbingan disekolah merupakan aspek program pendidikan yang berkenaan dengan bantuan para siswa agar dapat menyesuaikan diri drngan situasi yang dihadapinya. Setelah dilakukan penelitian diperoleh hasil bahwa: Optimalisasi bimbingan dan konseling untuk mengatasi prokrastinasi siswa di MTs Muhammadiyah Petambakan sudah terlaksana dengan baik dan sudah optimal. Guru BK akan membantu siswa untuk memecahkan masalah yang dihadapinya dengan secara baik dan selanjutnya memberikan bantuan menyalurkan kearah kegiatan yang dapat menunjang tercapainya perkembangan yang optimal. Program optimalisasi bimbingan dan konseling yang dilakukan oleh guru BK mendapat respon yang baik bagi siswa di MTs Muhammadiyah Petambakan, dan dengan adanya optimalisasi bimbingan dan konseling di MTs Muhammadiyah Petambakan siswa sudah mulai menunjukan perubahan yang signifikan.