UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRKURIKULER DI MI MODERN SATU ATAP AL AZHARY

Main Author: LUSI ARIYANTI, 1522405061
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/7072/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/7072/2/LUSI%20ARIYANTI_UPAYA%20PEMBENTUKAN%20KARAKTER%20DISIPLIN%20SISWA%20MELALUI%20KEGIATAN%20EKSTRAKURIKULER.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/7072/
Daftar Isi:
  • Penelitian yang dilakukanolehpenulisadalahUpayaPembentukanKarakterDisiplinSiswaMelaluiKegiatanEkstrakurikuler.Sejak 2010 KementerianPendidikanNasionalmencanangkanpenerapanpendidikankarakterbagisemuatingkatpendidikan, baiksekolahdasarhinggaperguruantinggikarenaselamainipendidikangagaldalamaspekkarakter, dimanasekolahlebihmengedepankanprestasiakademisdanmelupakanpendidikankarakter.Pembentukan karakter peserta didik dapat dilakukan dimana saja baik dalam proses belajar mengajar maupun kegiatan pendidikan diluar mata pelajaran. Dalampenelitianinipenulismenelitipembentukankarakterdisiplinpada proses kegiatanpendidikandiluarmatapelajaranyaitupadakegiatanekstrakurikuler. Rumusanmasalahpenelitianiniyaitu“Bagaimanaupayapembentukankarakterdisiplinsiswamelaluikegiatanekstrakurikuler di MI Modern SatuAtap Al Azhary?” tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuiinformasidanwawasanlebihluastentangupayapemebentukankarakterdisiplinsiswamelaluikegiatanekstrakurikuler di MI Modern SatuAtap Al Azhary. Jenispenelitianmenggunakanpenelitiandeskriptifkualitatifdenganlokasipenelitian di MI Modern SatuAtap Al Azhary.Subjekpenelitianiniadalahkepalasekolah, pembinaekstrakurikuler, siswa.pengumpulan data dalampenelitianyaitudenganmetodeobservasi, wawancara, dandokumentasi. Sedangkanteknikanalisis data menggunakanteknikanalisis data Miles danHuberman yang terdiridarireduksi data, penyajian data, danpenarikankesimpulan. Hasilpenelitiantentangupayapembentukankarakterdisiplinsiswamelaluikegiatanekstrakurikuleryaituberjalandengancukupbaik, melaluipembiasaansepertimematuhitatatertib, contohdanteladansepertiperilakupositif yang dilakukanoleh guru atautemansatusamalain, penyadaransepertimemberikanpemahamanperilaku yang baikdantidakbaik, pengawasanatau control yang dilakukanoleh guru danpelatihekstrakurikuler.Adapunkegiatanekstrakurikulerpramuka, karate, pidacil, hadroh, qiro’ah.Dalamekstrakurikulertersebutterdapatkarakterdisiplin yang ditanamkansepertidisiplinterhadapwaktu, disiplindalamaturandandisiplindalamberpakaian.