INTERNALISASI NILAI-NILAI AGAMA ISLAM PADA PESERTA DIDIK DI SMP ISLAM BABAKAN KECAMATAN KARANGPUCUNG KABUPATEN CILACAP
Main Author: | Iwan, Burhanudin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/706/1/COVER_DAFTAR%20ISI_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA_LAMPIRAN.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/706/2/IWAN%20BURHANUDIN_INTERNALISASI%20NILAI-NILAI%20AGAMA%20ISLAM%20PADA%20PESERTA%20DIDIK%20DI%20SEKOLAH%20MENENGAH%20PERT.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/706/ |
Daftar Isi:
- Tujuan pendidikan Islam adalah mengarah pada satu tujuan pembentukan moral anak atau akhlak bangsa. Internalisasinilai-nilai agama Islam padaanakmerupakan pondasi yang kokohdansangatpentingkeberadaanya, karenahalterssebutmerupakanawalbaikbagipendidikananakbangsauntukmenjalanipendidikanselanjutnya.Bangsa Indonesia sangatmenjunjungtingginilai-nilai agama khususnya agama Islam.Namundalamrealitaszamansekaranginiterdapatsesuatu yang memprihatinkandalamduniapendidikan yang belummencerminkannilai-nilai agama.Sepertitawuranantarpelajar, penggunanobat-obatanterlarang, pelecehanseksualdan lain-lain.Jikaditelusurilebihjauhlagi, sebenarnyakeadaan yang demikianinitidakterlepasdari basic pendidikanpadamasalampau, yang bolehjadipadamasaituinternalisasinilai-nilai agama Islam masihbelumtersentuhsecaramaksimal. Bagaimana proses internalisasinilai-nilai agama Islam padapesertadidik di SMP Islam BabakanKarangpucungKabupatenCilacap? Persoalaniniakandijawabdenganbeberapatujuandanmetodepenelitian. Adapun tujuannya yaitu; 1) Internalisasi nilai-nilai agama Islam pada peserta didik di SMP Islam Babakan yaitu bertujuan menanamkan nilai-nilai agama Islam berupanilai akidah, nilai akhlak da nnilai ibadah. 2) Materiinternalisasinilai-nilai agama Islam padapesertadidik di SMP Islam Babakan yaitu terbiasa mengucapkan salam kepada sesama, menghafal dan mengamalkanisipokokasmaulhusna, melaksanakan shalat sunah dan shalat wajib secara berjamaah. 3) Metodeinternalisasi agama Islam padapesertadidik di SMP Islam Babakanmeliputimetodeketeladanan, pembiasaan, perhatian, nasehatdanhukuman. Sedangkanmetodepenelitian yang digunakanyaitu; (1) Metodeobservasi, digunakanuntukmemperolehgambaranmengenaiinternalisasinilai-nilai agama Islam. (2) Metode wawancara digunakanuntuk memperoleh data mengenai internalisasi nilai-nilai agama Islam dan mengetahui sejarah berdirinya sekolahan. (3) Metodedokumentasi, digunakan untuk mencari data mengenai hal-halatauvariabel yang berupa catatan, notulen, dan agenda. Sedangkan analisis yang digunakan : (1) Reduksi data digunakan untuk membuat rangkumanintidari data yang telahdiperoleh. (2) Penyajian data digunakan untukmenyajikan data atau informasi yang telah diperoleh. (3) Conclusion Drawing digunakan untuk mengambil kesimpulan.