PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII di MTs MUHAMMADIYAH PURWOKERTO
Main Author: | Siti Halimah, 1522403083 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/7059/1/COVER%20BAB%20I%20BAB%20V%20DAFTAR%20PUTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/7059/2/PENGARUH%20MOTIVASI%20BELAJAR%20TERHADAP%20PRESTASI%20%20BELAJAR%20BAHASA%20.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/7059/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Motivasi belajar sebagai salah satu faktor yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran pada peserta didik terutama dalam meningkatkan hasil prestasi belajar. Permasalahannya seberapa besar motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas VIII di MTs Muhammadiyah Purwokerto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas VIII di MTs Muhammadiyah Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif, dengan menggunakan metode penelitian survei. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data penelitiannya, untuk uji prasyarat analisis penulis menggunakan uji normalitas, uji linieritas dan uji regresi. Untuk uji hipotesis penulis menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan menentukan persamaan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar mempengaruhi prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas VIII di MTs Muhammadiyah Purwokerto. Adapun besarnya pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar bahasa Arab adalah sebesar 0,124 yang berarti bahwa motivasi belajar mempengaruhi prestasi belajar bahasa Arab sebesar 12,4 %, sedangkan sisanya 87,6 % dipengaruhi oleh variabel lain diluar yang diteliti. Adapun faktor lain yang dapat mempengaruhi prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Purwokerto dibagi menjadi dua yakni faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal terdiri dari faktor jasmani, faktor psikologis dan faktor kelelahan. Sedangkan faktor eksternal terdiri dari faktor keluarga, faktor sekolah dan faktor masyarakat. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Prestasi Belajar.