IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 1 BOJONG KABUPATEN TEGAL

Main Author: Abdul Basid, 1717662001
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/7007/1/COVER%20BAB%20I%20BAB%20V%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/7007/2/IMPLEMENTASI%20PENDEKATAN%20SAINTIFIK%20DALAM%20PEMBELAJARAN%20PAI%20DAN.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/7007/
Daftar Isi:
  • Kurikulum 2013 mengamanatkan penggunaan pendekatan saintifik dalam setiap pembelajaran, dimana terdapat 5 proses ilmiah yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan. Namun tidak semua mata pelajaran bersifat ilmiah seperti pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Hal ini perlu dilakukan penelitian bagaimana penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Bojong sebagai sekolah percontohan bagi sekolah-sekolah lain di Kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan, pelaksanaan, dan hasil pendekatan saintifik dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Bojong Kabupaten Tegal. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek perencanaan pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dengan menggunakan pendekatan saintifik di SMP Negeri 1 Bojong Kabupaten Tegal yang diwujudkan dalam pembuatan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) sudah baik sesuai dengan prinsip-prinsip dan langkah- langkah pembuatan RPP dalam Permendikbud nomor 11 Tahun 2016 tentang Standar Proses. Dalam pelaksanaan pembelajarannya juga sudah dapat berjalan dengan baik, sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik yang meliputi mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan. Pelaksanaan pembelajaran juga menggunakan model pembelajaran yang variatif. Hasil yang diperoleh dalam pembelajaran sudah memuaskan yakni siswa mendapatkan rata-rata nilai sebesar 88,5 dan telah melewati KKM yang ditetapkan yakni 75. Kata Kunci : Pendekatan Saintifik, PAI dan Budi Pekerti, SMP Negeri 1 Bojong, Kurikulum 2013.