STRATEGI PEMASARAN PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA PRODUK iB KEPEMILIKAN DI BPRS GUNUNG SLAMET CILACAP
Main Author: | Irmayani, Selvi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6965/1/COVER%2C%20BAB%20I%20PENDAHULUAN%2C%20BAB%20V%20PENUTUP%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6965/2/SELVI%20IRMAYANI_STRATEGI%20PEMASARAN%20PEMBIAYAAN%20MURABAHAH%20PADA%20.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6965/ http://repository.iainpurwokerto.ac.id |
Daftar Isi:
- Banyaknya bank dan lembaga keuangan syariah baru, akan menjadikan persaingan ketat. Strategi pemasaran bank syariah merupakan suatu langkah-langkah yang harus ditempuh dalam memasarkan produk/jasa perbankan yang ditujukan pada peningkatan penjualan. BPRS Gunung Slamet Cilacap mempunyai strategi untuk memasarkan produk-produknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran pembiayaan Mura<bahah pada produk iB kepemilikan yang dilakukan oleh BPRS Gunung Slamet Cilacap dalam meningkatkan jumlah nasabah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh BPRS Gunung Slamet Cilacap dalam meningkatkan nasabah pembiayaan iB Kepemilikan dengan menentukan strategi segmentasi, positioning, dan targeting. Adapun penerapan dalam memasarkan produk pembiayaan iB kepemilikan secara umum menggunakan teori marketing mix 4P yang meliputi produk, harga, lokasi dan promosi. Promosi yang dilakukan BPRS Gunung Slamet Cilacap meliputi periklanan, target lending officer, kekeluargaan, dan jemput bola.