IMIPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2O13 DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS II DI MI NEGERI PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016
Main Author: | Saila, Mafaaiz |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/695/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/695/2/SAILA%20MAFAIZ_IMPLEMENTASI%20PENILAIAN%20AUTENTIK%20KURIKULUM%202013.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/695/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya sebuah penilaian dalam kurikulum yang baru, yaitu kurikulum 2013. Kurikulum merupakan alat yangdigunakan sebagai acuan pendidikan.Seiring berjalannya waktu, kurikulum terus mengalarni perubahan, sepertipada KTSP kekurikulum 2013. Terdapat beberapa penyempurnaan pada Standar Nasional Pendidikan (SNP), salah satu standar yang dengan proses pembelajaransehinggadapatmengungkaphasilbelajarpadapembelajaranternatiksesuaituntutankurikulum 2013, dengan lebih menyeluruh yang meliputi aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan. Persoalan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi penilaian autentik kurikulurn 2013 dalam pembelajaran tematik kelas II di MINegeri Purwokerto TahunPelajaran 201512016. Jenis penelitianini adalah penelitian lapangan atau Field Research denganmenggunakanpendekatan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Guru Kelas II MI Negeri Purwokerto dan Kepala Madrasah MI Negeri Purwokerto. Sedangkan objek penelitian ini adalah pelaksanaan penilaian autentik kurikulum adalah observasi, wawancaradandokumentasi.Teknikanalisis data menggunakanModel Miles and Huberman, yang terdiridari: reduksi data, penyajian data dankesimpulan. Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwaimplementasipenilaianautentikkurikulum 2013 dilaksanakandengan proses pembelajarantematik di kelas. Proses penilaiandialakukansetiapharisecaraterusmenerusatauberkesinambungan. Proses yang dilakukandalampembelajarantematik, mampumengungkaphasilbelajarsecaralebinnyata. denganteknikdaninstrumen yangberriariasisefiadapatmengungkapkanaspekpenilaianmeliputipenguasaanmateri, sikapdanketerampilansehinggamempennudah guru dalammenentukanlangkahtindaklanjut yang tepat.