PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PENGUASAAN KONSEP MATEMATIKA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS
Main Author: | Febri Fitriyani, 1522407014 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6920/1/COVER%2C%20BAB%20I%20PENDAHULUAN%2C%20BAB%20V%20PENUTUP%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6920/2/FEBRI%20FITRIYANI_PENGARUH%20MOTIVASI%20BELAJAR%20SISWA%20TERHADAP%20PEN.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6920/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan pengaruh motivasi belajar siswa terhadap penguasaan konsep matematika kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto. Adapun latar belakang penelitian ini adalah penguasaan konsep siswa kelas VII yang bervariasi, ada yang tinggi, sedang dan rendah. Serta dalam motivasi belajar, dimana ketekunan siswa, keuletan siswa, minat siswa, kepercayaan diri siswa dan lingkungan yang mengakibatkan bervariasinya tingkat penguasaan konsep matematika siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Puwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian survey. Populasi penelitian adalah 213 siswa dan sampel dalam penelitian ini adalah 139 siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier sederhana. Sebelum dilakukan uji analisis maka dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji linearitas dan uji keberartian regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh motivasi belajar siswa terhadap penguasaan konsep matematika siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto. Besarnya pengaruh motivasi belajar siswa terhadap penguasaan konsep matematika dilihat dari koefisien determinsasi R square sebesar 0,098 yang berarti bahwa motivasi belajar siswa berpengaruh terhadap penguasaan konsep matematika siswa sebesar 9,8%, sedangkan sisanya 90,2 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian. Kata kunci: Motivasi Belajar, Penguasaan Konsep, Matematika