Daftar Isi:
  • Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan konsep pembelajaran yang menekankan pada keterkaitan antara materi pembelajaran dengan dunia kehidupan sehari-hari siswa, sehingga mendorong siswa untuk dapat menerapkan ke dalam kehidupan mereka. Mata Pelajaran Fiqh sebagai bagian dari Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam punya kaitan fungsional dengan nilai dan moral Islam. Oleh karena itu Mata Pelajaran Fiqh berkepentingan untuk memfungsionalkan dan mengaktualisasikan nilai-nilai dan moral Islam dalam proses pendidikan. Karena Mata Pelajaran Fiqh atau nilai moralitas memegang peran yang sangat penting sehingga dapat dikatakan bahwa semakin banyak pengalaman agama yang diterima manusia maka otomatis dalam kehidupannya akan merasakan pentingnya agama dalam segala tingkah laku maupun perbuatannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran Mata Pelajaran Fiqh kelas VII di MTs. Negeri Model Purwokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang peneliti gunakan ialah metode observasi, wawancara dan dokumentasi dengan tehnik tringulasi yaitu peneliti menganalisis setiap data-data yang diperoleh dan menyisirinya untuk mendapatkan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran Mata Pelajaran Fiqh kelas VII di MTs. Negeri Model Purwokerto meliputi: pertama tahap perencanaan pembelajaran berupa menyusun prota, promes, silabus dan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Kedua tahap pelaksanaan yang dimulai dari kegiatan pendahuluan, inti dan penutup. Di mana dalam setiap langkah kegiatan tersebut siswa ditempatkan sebagai subjek dalam setiap pembelajaran dan materi pembelajaran dikaitkan dengan situasi nyata kehidupan sehari-hari siswa sehingga materi tersebut akan tertanam erat di benak mereka sehingga tidak mudah dilupakan dan mendorong siswa untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Ketiga tahap evaluasi yang digunakan berupa tes tertulis, tes lisan, dan unjuk kerja. Kata Kunci: Implementasi CTL, Pembelajaran Mata Pelajaran Fiqh, MTs. Negeri Model Purwokerto.