IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SMA NEGERI 1 PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS
Main Author: | Alfi Ramadhani, 1522402085 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6819/1/ALFI%20RAMADHANI.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6819/2/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6819/ |
Daftar Isi:
- Indonesia merupakan salah satu negara yang di dalamnya syarat akan keberagaman atau kemajemukan. Keberagaman tersebut antara lain dapat dilihat dari segi agama, suku, ras, dan sebagainya. Dengan keberagaman tersebut, akan membuat Indonesia menjadi rentan terhadap konflik, oleh sebab itu perlu suatu usaha untuk mengatasi hal tersebut. Salah satu usaha tersebut yakni dengan pendidikan multikultural, harapannya dengan pendidikan multikultural ini para peserta didik telah dibekali untuk menerima dan menghargai realitas perbedaan sejak dini. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana implementasi pendidikan multikultural di SMA Negeri 1 Purwokerto Kabupaten Banyumas? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi pendidikan multikultural di SMA Negeri 1 Purwokerto. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dan menggunakan penelitian kualitatif, dengan penyajian data secara deskriptif melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah waka kurikulum, waka kesiswaan, Guru Pendidikan Agama Islam, Kristen, dan Katolik. Hasil penelitian menunjukan bahwasanya pendidikan multikultural di SMA Negeri 1 Purwokerto telah dipraktekkan atau diimplementasikan melalui pembiasaan-pembiasaan, kegiatan-kegiatan, dan pemberdayaan kultur sekolah. Seluruh elemen masyarakat sekolah bekerja sama untuk mewujudkan terciptanya linkungan sekolah yang multikultural dengan sikap menerima dan menghargai adanya perbedaan.