PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII B MATERI MACAM-MACAM SUJUD DI SMPN 5 PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Main Author: | Sasi Cahyani, 1522402245 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6817/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6817/2/SASI%20CAHYANI__Penerapan%20Model%20Pembelajaran%20Contextual%20Teaching%20and%20Learning%20dalam%20Meningkatkan%20Pr.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6817/ |
Daftar Isi:
- Kegiatan Pembelajaran yang monoton dan hanya berpusat pada guru dapat menjadikan rendahnya motivasi siswa dalam belajar. Keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran akan lebih berkesan sehingga siswa mampu memahami benar materi yang disampaikan. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan pembelajaran pembelajaran yang mampu mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan dunia nyata siswa. Permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa materi macam-macam sujud. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan pendekatan kualitatif. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning(CTL)pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) matei macam-macam sujud. Sedangkan subjek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII B SMP Negeri 5 Purbalingga Tahun Pelajaran 2018/2019. Berdasarkan penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes yang telah dilakukan pada dua siklus, maka peneliti dapat mengambil kesimpulan bahwa prestasi belajar siswa materi macam-macam sujud dapat meningkat dengan penerapan model CTL. Dibuktikan dengan kenaikan nilai yang cukup signifikan dari pra siklus, siklus I dan siklus II.