PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PAI MATERI MENGHAFAL BACAAN SHALAT DI KELAS IV SDN 2 KARANGPUCUNG KERTANEGARA KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Main Author: AkbarinaNurrizkiani, 1522402215
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6812/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6812/2/SKRIPSI%20FULL%20AKBARINA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6812/
Daftar Isi:
  • RendahnyahasilbelajarsiswapadamatapelajaranPendidikan Agama Islam menjadipermasalahantersendiribagi guru kelas IV.Untukmeningkatkanhasilbelajarsiswakelas IV SDN 2 Karangpucung, makadilakukanPenelitianTindakanKelas.TujuandariPenelitianTindakanKelasadalahuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranPendidikan Agama Islam melalui media audio visual.SetelahdilakukanPenelitianTindakanKelasini, diharapkandapatmeningkatkanhasilbelajarsiswadalam proses pembelajaranPendidikan Agama Islam di kelas IV SDN 2 Kertanegara. Jenispenelitian yang digunakandalampenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(anction research), sedangkanmetodepengumpulan data yang digunakanadalahmetodeobservasi, wawancara, dokumentasidantesdilaksanakanmelaluibeberapatahap, yaituPlanning (perencanaan), Acting (tindakan), Observating(pengamatan) danreflekting(refleksi).Penelitiantindakankelasinidilakukanmelalui2 (dua) siklusperbaikanpembelajarandenganmenggunakansistimberdaur. Hasilpenelitianmenunjukan, hasilbelajarsiswapadapelaksanaanpembelajaranPendidikan Agama Islam melalui media audio visual di kelas IV SD Negeri 2 Karangpucungadalahsebagaiberikut ; berdasarkan data awalsebelumdilakukantindakanperbaikanpembelajaran, nilai rata-rata siswapadamaterimenghafalbacaansalatsebesar 6,68 denganprosentaseketuntasanbelajar 32%. Padasiklus I nilai rata- rata 68,6 denganprosentase 50% danpadasiklus II nilai rata-rata siswasebesar 75 denganprosentasetingkatketuntasanbelajarsiswasebesar 82%. Peningkatanhasilbelajarsiswapadaaspekkognitifjugadiikutipadaaspekafektifyaituditandaidenganperubahansikapsiswa, sertapadaaspekpsikomotoriksiswa, yaituditandaidenganadanyaperubahanperilakusiswadarinegatifmenjadipositifdansiswajugaterlibatsecaraaktifdalam proses pembelajaranPendidikan Agama Islam. Kata Kunci:Penerapan, Media Audio Visual,Hasilbelajar, Pendidikan Agama Islam.