PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI MENCERITAKAN KISAH NABI PADA SISWA KELAS 5 SD NEGERI 1 KARANGKLESEM KECAMATAN KUTASARI KABUPATEN PURBALINGGA TAHUNPELAJARAN2018/2019

Main Author: ROHMA AMALIAWATI, 1522402244
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6811/1/COVER_BAB%201_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6811/2/ROHMA%20AMALIAWATI__PENERAPAN%20STRATEGI%20PEMBELAJARAN%20CROSSWORD%20PUZZLE%20DALAM%20MENINGKATKAN%20HASIL%20BELAJ.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6811/
Daftar Isi:
  • Guru adalahpendidikprofesionaldengantugasutamamendidik, mengajarmembimbing, mengarahkan, menilaidanmengevaluasipesertadidik. Dengantugasmendidikseorangpesertadidik.Begituhalnyadenganhasilbelajar, khususnyapadapelajaranPendidikan Agama Islam. Akan tetapipadakenyataannya, terlihatbahwahasilbelajarpesertadidikkhususnyakelas V di SD Negeri 1 KarangklesempadamatapelajaranPendidikan Agama Islammateri menceritakan kisah Nabi tergolongrendah, sedangkanpendidiksudahberusahauntukmeningkatkanhasilbelajarpesertadidikdenganmenggunakanmetodepembelajaranyaituceramahdanmencatat, namunhasilbelajarpesertadidikkelas V masihsajabanyakpesertadidikyang belumbisamencapaiKKM. MakapenulisdalampenelitianinimencobamenerapkanStrategiCrosswordPuzzle. PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkanhasilbelajarPendidikan Agama Islam melaluipenerapanstrategiCrossword Puzzle permasalahan yang akandi bahasyaituhasilbelajar peseta didik. jenispenelitiantindakankelas (PTK). Urutankegiatanpenelitianmencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Dalampengumpulan data, Penulismenggunakanteknikwawancara, observasi, dokumentasi, pengukuranteshasilbelajar.Sedangkanuntukanalisisnya, penulismenggunakanteknikanalisisdeskriptifkualitatif. HasilpenelitianmenunjukkanpenerapanstrategiCrossword Puzzle padapembelajaranPendidikan Agama Islam dapatmeningkatkanhasilbelajarpesertadidik. Hal itudilihatberdasarkanhasilbelajarpadaPrasiklussebesar 42% meningatmenjadi 58% padasiklus I, kemudianhasilbelajarpadasiklus II sebesar 83% yang mengalamipeningkatandarisiklus I.