IMPLEMENTASI STRATEGI BRAIN BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MI MA’ARIF NU 1 SOKAWERA CILONGOK BANYUMAS 2016/ 2017

Main Author: TETI NUR AFRIANI 1323302006, 1323302006
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6794/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6794/2/TETI%20NUR%20AFRIANI_IMPLEMENTASI%20STRATEGI%20BRAIN%20BASED%20LEARNING%20DALAM%20PEMBELAJARAN%20BAHASA%20ARAB%20MI%20MAA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6794/
Daftar Isi:
  • Strategi brain based learning merupakan hal penting yang perlu diperhatikan, dipersiapkan dan dilaksanakan oleh seorang guru ketika melaksanakan proses pembelajaran bahasa Arab. Karena strategi brain based learning mempunyai pengaruh terhadap pembelajaran dan hasilnya. Dengan demikian tujuan pembelajaran disini akan mendapatkan hasil yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi strategi brain based learning dalam pembelajaran bahasa Arab MI Ma’arif NU 1 Sokawera Cilongok. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, lokasi penelitian dilakukan di MI Ma’arif NU 1 Sokawera Cilongok. Subjek penelitian adalah guru bahasa Arab, sedangkan objek penelitian adalah implementasi strategi brain based learning dalam pembelajaran bahasa Arab, metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi strategi brain based learning dalam pembelajaran bahasa Arab MI Ma’arif NU 1 Sokawera Cilongok sudah sesuai dengan prinsip-prinsip brain based learning. Karena dalam pembelajara bahasa Arab Guru mengembangkan dan menciptakan berbagai media pembelajaran bahasa Arab yang kreatif, sehingga membangun semangat siswa dalam belajar dan mengerjakan tugas. Mengajak siswa belajar di luar kelas, membuat siswa lebih mudah mengingat dan memahami pelajaran karena mengalami secara nyata. Menjelaskan tujuan pembelajaran dan mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari, sehingga siswa mampu menggunakan percakapan sederhana baik di dalam maupun di luar kelas. Membuat pembelajaran yang menyenangkan dengan menggunakan media yang variatif sesuai dengan materi, seperti foto, gambar, lagu, sehingga otak kanan dan kiri siswa berfungsi seimbang serta membuat siswa senang dan tidak bosan dalam belajar bahasa Arab. Memberikan contoh yang tepat baik dalam pelafalan, intonasi dan gesture, agar siswa dapat menggunakan bahasa Arab dengan tepat. Guru mengetahui level kemampuan setiap siswa sehingga menciptakan design pembelajaran yang efektif dan mencakup kebutuhan semua siswa dan menghasilakan rasa percaya diri serta merasa diperhatikan guru. Hal ini membuktikan bahwa implementasi strategi brain based learning dalam pembelajaran tepat digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab di tingkat MI sederajat. Kata kunci:Implementasi Strategi Brain Based Learning, Pembelajaran bahasa Arab