PENDIDIKAN AKHLAK DI TK DIPONEGORO 125 ARCAWINANGUN KECAMATAN PURWOKERTO TIMUR KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Main Author: | Iriani Isnaeni, 082331069 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/676/1/Cover_Bab%20I_Bab%20V_Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/676/2/IRIANI%20ISNAENI_PENDIDIKAN%20AKHLAK.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/676/ |
Daftar Isi:
- Pendidikanakhlakanakmerupakanusahasecarasadaratau proses perubahandanperkembangandalamrangkamembimbinganakdidikterhadapperubahandanperkembanganjasmanidanrohaninyadenganmenanamkanakhlakdariusiaanak-anak. Pendidikanakhlaksangatpentinguntukdiajarkankepadaanak-anaksejakusiaprasekolah. Denganadanyapendidikanakhlak, anakakantumbuhdanberkembangmenjadipribadi yang positif, kuat, tangguh, beriman, bertakwadanberakhlakulkarimah. Padadasarnyaanak-anakmerupakanpenerusbangsa yang akanmenjadikanbangsaitumenjadibangsa yang baikatauburuk. Olehkarenaitu, Pendidikanakhlakharusdiajarkankepadaanaksejakusiadinisebagaibekalmerekadalamkehidupansehari-hari yang kelakakanmembanggakandirinya, keluargadanmasyarakat. Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuai proses pendidikanakhlak di TK Diponegoro 125 Arcawinangun. Metodepengumpulan data yang digunakandalampenelitianiniadalahmetodeobservasi, metodewawancaradanmetodedokumentasi.Analisisdatanyadisajiakndalambentukanalisiskualitatifflow model analisisatauanalisis data interaktifdari Milles danHuberman.Variabeldalampenelitianiniadalahpendidikanakhlakanakprasekolah. Pembelajarandisesuaikandengankarekteristik yang dimilikiolehanakusiaprasekolah. Pembelajaranuntukanakprasekolahharusberkonsepbermainsambilbelajar, karenasetiapanakadalahpembelajar yang aktif.Belajarbagianakadalahsegalasesuatu yang dikerjakannyaketikaiabermain. Dari analisis yang penulislakukanterhadappendidikanakhlakanak di TK Diponegoro 125 Arcawinangun yang meliputimateri, pelaksanaan, metodedanevaluasi.Makadapatditarikkesimpulanbahwapendidikanakhlakanak di TK Diponegoro 125 Arcawinangunsudahcukupbaik. Hal inidapatdikatakancukupbaikkarenamelihatseluruh proses pembelajaransudahsesuaidenganstandarpembelajaranbagianakusiaprasekolahmulaidarimateri, metodedanevaluasipembelajaran yang digunakan. Serta adanyasaranadanprasaran yang mendukung proses pembelajaranpendidikanakhlak.. Kata kunci :Pendidikanakhlak,anakprasekolah