IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN METODE UMMI DI SD ISLAM AL-IZZAH PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS
Main Author: | Imam, Aminnudin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6746/1/COVER_BABI_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6746/2/ful%20skripsi%20imam.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6746/ |
Daftar Isi:
- Al-Quran adalah sebaik-baik bacaan bagi orang mukmin. SD Islam Al-Izzah adalah salah satu lembaga pendidikan formal yang mengutamakan pembelajaran Al-Qur’an. Penelitian ini membahas tentang Implementasi pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan Metode Ummi di SD Islam Al-Izzah Purwokerto Kabupaten Banyumas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memaparkan secara detail tentang implementasi pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan menggunakan metode ummi dari tahap perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran dan hasil pembelajaran di SD Islam Al-Izzah Purwokerto. Pada penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian lapangan. Dalam hal ini penulis berupaya mengamati, menggambarkan dan menceritakan keseluruhan proses pelaksanaan program pembelajaran Qur’an di SD Islam Al-Izzah Purwokerto. Penelitian ini penulis menggunakan metode pengumpulan data, observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data, penulis menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Untuk keabsahan data, penulis menggunakan triangulasi dan member chek. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran Al-Qur’an di SD Islam Al-Izzah Purwokerto sudah berjalan dengan baik dan sudah sesuai dengan standar Ummi foundation yang telah ditetapkan. Hal ini dibuktikan bahwasanya SD Islam Al-Izzah sudah melaksanakan 7 program dasar utama yang dibuat ummi foundation seperti tashih, tahsin, sertifikasi, coach, supervisi, munāqosyah, dan khotāman.