HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR TAHFIDZ AL-QUR’AN DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB KELAS V SD IT PUTRA HARAPAN PURWOKERTO
Main Author: | PINGKI, ROFIYANTI SETIANINGSIH |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6745/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6745/2/PINGKY%20ROFIYANTI%20SETIANINGSIH_HUBUNGAN%20PRESTASI%20BELAJAR%20TAHFIDZ%20AL-QUR%E2%80%99AN%20DENGAN%20PRESTASI%20BELAJAR.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6745/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini berawal dari pemahaman dan urgensi aktivitas menghafal al-Qur’an dalam meningkatkan prestasi belajar bahasa Arab siswa. Aktivitas menghafal al-Qur’an dan kecerdasan spiritual harapnya dapat membantu untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas V SD IT Putra Harapan Purwokerto. Permasalahnnya seberapa besar mata pelajaran tahfidz al-Qur’an berpengaruh dengan prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas V SD IT Putra Harapan Purwokerto. Penelitian ini diharapkan dapat memberi acuan terhadap sekolah dalam melaksanakan program tahfidz al-Qur’an dalam membantu meningkatkan prestasi belajar bahasa Arab siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif. Dengan menggunakan metode penelitian survei. Sedangkan teknik analisis data penelitiannya, untuk uji prasyarat analisis penulis menggunakan uji normalitas, uji linieritas dan uji keberartian regresi. Untuk uji hipotesis penulis menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan menentukan persamaan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa mata pelajaran tahfidz al-Qur’an berhubungan dengan prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas V SD IT Putra Harapan Purwokerto. Adapun besarnya hubungan mata pelajaran tahfidz al-Qur’an terhadap prestasi belajar bahasa Arab adalah sebesar 0,173 yang berarti bahwa mata pelajaran tahfidz al-Qur’an berhubungan dengan prestasi belajar bahasa Arab sebesar 17,3%, sedangkan sisanya 82,7% dipengaruhi oleh variabel lain di luar yang diteliti. Adapun faktor lain yang dapat mempengaruhi prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas V SD IT Putra Harapan Purwokerto dibagi menjadi dua yaitu, faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal terdiri dari faktor jasmani, faktor psikologis dan faktor kelelahan. Sedangkan faktor eksternal terdiri dari faktor keluarga, faktor sekolah dan faktor masyarakat.