PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DALAM PEMBELAJARAN QUR’AN HADITS DI MADRASAH ALIYAH MAMBA’UL MA’ARIF BELIK PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Main Author: Jaenuri, 082331073
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/673/1/Cover_Bab%20I_Bab%20V_Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/673/2/JAENURI_PENERAPAN%20STRATEGI%20PEMBELAJARAN%20AKTIF.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/673/
Daftar Isi:
  • Latar belakang dari penelitian ini adanya kesenjangan dalam pendidikan terutama antara aspek fisik dengan aspek moral dan kepuasan batin. Kesenjangan ini terjadi akibat adanya perubahan-perubahan yang terjadi. Materi yang ada dianggap paket dari langit sehingga tidak perlu disentuh dengan tangan-tangan kreatif dan inovatif dari para guru, sehingga peserta didik merasa jenuh. Strategi mengajar harus diarahkan kepada keaktifan optimal belajar peserta didik. Dalam istilah lain, harus mengembangkan strategi pembelajaran aktif. Persoalan yang akan dikaji dalam penelitian adalah bagaimana penerapan strategi pembelajaran aktif dalam pembelajaran Qur’an Hadits di Madrasah Aliyah Mamba’ul Ma’arif Belik Pemalang tahun pelajaran 2012-2013? Subjek penelitian adalah guru mata pelajaran Qur’an Hadits di Madrasah Aliyah Mamba’ul Ma’arif Belik Pemalang, sebagai pelaku utama penerapan strategi pembelajaran aktif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar Madrasah Aliyah Mamba’ul Ma’arif Belik Pemalang. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya, penyajian dan analisis dengan mereduksi dan mengklasifikasi data. Setiap analisis dinarasikan secara deskriptif. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dijadikan pertimbangan dalam mendorong dan meningkatkan proses pembelajaran menjadi lebih menarik, bermutu, efektif dan efisien. Hasil dari penelitian ini adalah:(1) Strategi pembelajaran aktif yang digunakan dalam pembelajaran Qur’an Hadits di kelas X, XI dan XII Madrasah Aliyah Mamba’ul Ma’arif Belik Pemalang adalah group resume, the study group, acitive debate, student recap, group to group (2) Pelaksanaan dari strategi pembelajaran aktif maksimal, karena guru menguasai teori dan aplikasinya serta mengondisikan peserta didik secara optimal. (3) Adapun kendala yang dihadapi; pertama, kurangnya fasilitas, media atau alat bantu dalam pelaksanaan strategi pembelajaran aktif. Kedua, lingkungan sekolah yang kurang kondusif karena sering adanya suara gaduh dari peserta didik Mts. Mamba’ul Ma’arif Belik yang satu halaman dan kendaraan karena dekat jalan raya. Ketiga, masih ada peserta didik yang masa bodoh dengan adanya penerapan strategi pembelajaran aktif. Upaya yang telah dilakukan guru Qur’an Hadits di Madrasah Aliyah Mamba’ul Ma’rif Belik Pemalang dalam pembelajaran memperhatikan kondisi kemampuan profesional guru, fasilitas, dan kondisi peserta didik, baik kondisi internal peserta didik maupun kondisi eksternal yang mempengaruhi peserta didik, seperti kondisi keluarga, dan masyarakat sekitarnya. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Aktif, Pembelajaran Qur’an Hadits