STRATEGI ACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI LPBA NURUL HIDAYAH PONDOK PESANTREN AL HIDAYAH KARANGSUCI PURWOKERTO

Main Author: RohmatulIsnaeni, 1522403080
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6729/1/COVER%20BAB%20I%20BAB%20V%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6729/2/STRATEGI%20ACTIVE%20LEARNING%20DALAM%20PEMBELAJARAN%20BAHASA%20ARAB%20DI%20L.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6729/
Daftar Isi:
  • Strategimerupakansuatuteknik yang digunakanuntukmencapaisuatutujuan.Setiappembelajaranbahasa, tidakdapatlepasolehpendekatan, metode, media maupunstrategi yang digunakan agar tujuandaripembelajaranbahasatersebuttercapaisecaracepat, efektifdanefisien.Dalamkegiatanpembelajaranbahasaarab, untukmemudahkan proses pembelajaranmemerlukanstrategitertentu yang disesuaikandenganmateri yang akandisampaikansehingga proses pembelajaranmenjadilebihefektif.Salah satustrategi yang dapatdigunakandalampembelajaransupayatidakmembosankanadalahstrategiactive learning.Strategitersebutmengharuskanpesertadidikuntukikutaktifdalampembelajaran, sehinggatidakmenjadikanmerekajenuhdalampembelajaran. Penelitianinibertujuanuntukmendapatkan data daripenggunaanstrategiactive learning di LPBA NurulHidayahPondokPesantren Al HidayahKarangsuciPurwokerto. Metodepenelitian yang digunakanaadalahmenggunakanmetodepenelitianlapangan (field research), teknikpengumpulandata yangdigunakanyaituteknikobservasi, wawancaradandokumentasi. Kemudianpenelitimenggunakananalisis data denganteknikanalisispengumpulan data, reduksi data (data reducation), penyajian data (data display) danverifikasi data/penarikankesimpulan (conclusion drawing) . Dari hasilpenelitiandapatdiperoleh data mengenaistrategiactive learning yang digunakandalampembelajaranbahasaarabyaitu: strategiinformation search (mencariinformasi), every one is a teacher here (setiapsiswadapatmenjadi guru disini), peer lesson (pemberianpelajaranantarsiswa) danbermain yang menyenangkan.