PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI PADA KOMPETENSI DASAR MENCERITAKAN KISAH KETELADANAN NABI MUSA AS DI KELAS 4 SD NEGERI 3 PURBALINGGA WETAN TAHUN PELAJARAN 2018/ 2019
Main Author: | Intan, Rakhmawati Sukma |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6719/1/COVER_BAB%20I%20DAN%20BAB%20V.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6719/2/COVER_BAB%20I_BAB%20II_BAB%20III_BAB%20IV_BAB%20V%20DAN%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6719/ http://repository.iainpurwokerto.ac.id |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah penerapan metode role playing, meningkatkan hasil pembelajaran PAI melalui penerapan metode role playing pada peserta didik kelas 4 SD Negeri 3 Purbalingga Wetan tahun pelajaran 2018/ 2019. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah speserta didik kelas 4 SD Negeri 3 Purbalingga Wetan tahun pelajaran 2018/ 2019 yang berjumlah 17 peserta didik. Teknik pengumpulan data berupa tes, obeservasi dan wawancara. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar mata pelajaran PAI, metode role playing. Analisis data yang diunakan, yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Langkah penerapan metode role playing yang tepat yaitu (a) menyiapkan materi dan perlengkapan drama, (b) menjelaskan materi menggunakan metode role playing, (c) pembagian peran peserta didik, (e) evaluasi, (f) penguatan, (g) kesimpulan. (2) Penerapan metode role playing dapat meningkatkan pembelajaran PAI SD Negeri 3 Purbalingga Wetan tahun pelajaran 2018/ 2019 yang dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar, yaitu siklus I 58,82%, dan siklus II 82,35%.(3) kendala yang dihadapi antara lain: (a) guru kurang menguasai langkah metode role playing, (b) peserta didik canggung dan malu-malu, (c) peserta didik kebingungan saat bermain role playing, solusi yang diberikan yaitu : (a) memberikan arahan kepada guru mengenai langkah penerapan metode role playing, (b) memberikan motivasi kepada peserta didik, (c) pembagian kelompok dan peran yang merata. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode role playing dapat meningkatkan pembelajaran PAI pada peserta didik kelas 4 SD Negeri 3 Purbalingga Wetan tahun pelajaran 2018/ 2019.