Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa pada program paket C di PKBM Marsudi Karya Kedungbanteng terdapat pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang sama dengan sekolah SMA sederajat pada umumnya. Namun yang berbeda di PKBM ini adalah waktu pembelajaran yang sangat minim. Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang mengkaji tentang Efektivitas Pembelajaran PAI pada Paket C di PKBM Marsudi Karya Beji Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis Efektivitas Pembelajaran PAI pada Paket C di PKBM Marsudi Karya Beji Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah Efektivitas Pembelajaran PAI pada Paket C di PKBM Marsudi Karya Beji Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. Teknik pengumpulan data adalah menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penulis menggunakan analisis data yang meliputi reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan Efektifitas pembelajaran PAI KPC di PKBM Marsudi Karya Kedungbanteng Banyumas yaitu rangkaian penyajian materi ajar PAI yang meliputi segala aspek sebelum sedang dan sesudah pembelajaran yang dilakukan tutor serta segala fasilitas yang terkait yang digunakan secara langsung atau tidak langsung dalam proses belajar mengajar di PKBM Marsudi Karya Kedungbanteng Banyumas dengan menggunakan model berbagai metode pembelajaran sebagai pedoman bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa efektif atau tidak nya pembelajaran PAI ditentukan perangkat yang dipakai dalam pembelajaran tersebut.