MANAJEMEN MUTU LAYANAN PENDIDIKAN DI PKBM TUNAS BANJARSARI KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS

Main Author: AliyatulMachmudah, 1423303005
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6676/1/ALIYATUL%20MACHMUDAH_MANAJEMEN%20MUTU%20LAYANAN%20PENDIDIKAN%20DI%20PKBM.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6676/2/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6676/
Daftar Isi:
  • PusatKegiatanBelajarMasyarakat (PKBM) merupakansatuanpendidikan non formal yang saatiniberkembangpesat.PKBM memilikiperanpentingdalampembangunansumberdayamanusiadanmeningkatkanpendidikandanmartabat orang-orang yang mengalamiketertinggalan.Beberapaalasanmengapa PKBM kurangdipahamisecaratepat di antaranya program PKBM diartikansecarasempit, pelaksanaannya yang pasangsurutbergantungpadakeberadaantenagasukarela, terbatasnyajumlahdanmututenaga professional sertaterbatasnyajumlahsaranadanprasarana. Hal tersebuttentuberdampakpadakualitaslayananpendidikan yang diberikankepadamasyarakat. Adapunpenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikandanmenganalisismanajemenmutulayananpendidikan di PKBM Tunas BanjarsariKecamatanAjibarangKabupatenBanyumas.Jenispenelitianiniadalahpenelitianlapangan yang disajikandalambentukdeskriptif.Teknikpengumpulan data yang digunakanadalahobservasi, wawancaradandokumentasi.Sedangkanteknikanalisis data terdiridarireduksi data, penyajian data danmenarikkesimpulan. Hasilpenelitianmenunjukanbahwa Pertama,layananpendidikan yang diberikan PKBM Tunas BanjarsariKecamatanAjibarangKabupatenBanyumasmeliputilayananpembelajaran, layanansaranadanprasarana, layananadministrasi, layanantamanbacaanmasyarakat, danlayananpemberdayaanmasyarakat. Kedua, perencanaanmutulayanantermasukdalamkategoribaikdenganmelibatkanseluruhkomponen PKBM yang meliputipengurus PKBM selakupenyelenggara, ketua program selakupelaksanadanpara tutor ataunarasumberteknismasing-masing program. Ketiga,pengendalianmutulayanandilaksanakandalambentuk monitoring. Keempat, perbaikanmutulayanandilaksanakansecarakontinudenganberdasarkanhasilevaluasi yang dilakukansecara periodic setiap 1 bulansekali.