MANAJEMEN MUTU LAYANAN PENDIDIKAN DI PKBM TUNAS BANJARSARI KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS
Main Author: | AliyatulMachmudah, 1423303005 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6676/1/ALIYATUL%20MACHMUDAH_MANAJEMEN%20MUTU%20LAYANAN%20PENDIDIKAN%20DI%20PKBM.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6676/2/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6676/ |
Daftar Isi:
- PusatKegiatanBelajarMasyarakat (PKBM) merupakansatuanpendidikan non formal yang saatiniberkembangpesat.PKBM memilikiperanpentingdalampembangunansumberdayamanusiadanmeningkatkanpendidikandanmartabat orang-orang yang mengalamiketertinggalan.Beberapaalasanmengapa PKBM kurangdipahamisecaratepat di antaranya program PKBM diartikansecarasempit, pelaksanaannya yang pasangsurutbergantungpadakeberadaantenagasukarela, terbatasnyajumlahdanmututenaga professional sertaterbatasnyajumlahsaranadanprasarana. Hal tersebuttentuberdampakpadakualitaslayananpendidikan yang diberikankepadamasyarakat. Adapunpenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikandanmenganalisismanajemenmutulayananpendidikan di PKBM Tunas BanjarsariKecamatanAjibarangKabupatenBanyumas.Jenispenelitianiniadalahpenelitianlapangan yang disajikandalambentukdeskriptif.Teknikpengumpulan data yang digunakanadalahobservasi, wawancaradandokumentasi.Sedangkanteknikanalisis data terdiridarireduksi data, penyajian data danmenarikkesimpulan. Hasilpenelitianmenunjukanbahwa Pertama,layananpendidikan yang diberikan PKBM Tunas BanjarsariKecamatanAjibarangKabupatenBanyumasmeliputilayananpembelajaran, layanansaranadanprasarana, layananadministrasi, layanantamanbacaanmasyarakat, danlayananpemberdayaanmasyarakat. Kedua, perencanaanmutulayanantermasukdalamkategoribaikdenganmelibatkanseluruhkomponen PKBM yang meliputipengurus PKBM selakupenyelenggara, ketua program selakupelaksanadanpara tutor ataunarasumberteknismasing-masing program. Ketiga,pengendalianmutulayanandilaksanakandalambentuk monitoring. Keempat, perbaikanmutulayanandilaksanakansecarakontinudenganberdasarkanhasilevaluasi yang dilakukansecara periodic setiap 1 bulansekali.