MANAJEMEN STRATEGIK PENGEMBANGAN MUTU AKADEMIK DI SMP MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL BUMIAYU KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES

Main Author: Asikin, 1522605006
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6673/1/FILE%20-%202.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6673/2/FILE%20-%203.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6673/
Daftar Isi:
  • Pendidikan menjadi salah satu pilar yang paling penting dari suatu bangsa. Setiap bangsa juga menyadari bahwa pendidikan merupakan proses panjang yang sumbangsihnya tidak dapat diraih secara instan. Pertanyaan yang muncul adalah pendidikan seperti apakah yang benar-benar menjadi pilar bagi suatu bangsa ? Jawaban atas pertanyaan tersebut adalah pendidikan yang berkualitas baik secara akademik maupun non akademik. Jawaban tersebut mengindikasikan bahwa penyelenggaraan pendidikan membutuhkan ragam aspek yang tidak sederhana. Salah satunya adalah aspek manajerial. Manajemen yang dipercaya mampu menata alur pendidikan sehingga menghasilkan lulusan yang bermutu. Senada dengan hal tersebut, SMP Muhammadiyah Boarding School Bumiayu Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes berupaya menyelenggarakan pendidikan berbasis mutu. Salah satu upaya tersebut adalah memasukkan standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, dan standar penilaian ke dalam strategi manajerial pengembangan mutu pendidikan secara optimal. Penelitian ini masuk dalam kategori penelitian kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara serta trianggulasi. Reduksi data, penyajian data, kesimpulan menjadi bagian dari teknik analisis data dalam penelitian ini. Beberapa warga sekolah seperti kapala sekolah, para wakil kepala sekolah, sejumlah tenaga pendidik dan juga peserta didik berperan sangat signifikan sebagai sumber data dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan mutu akademik yang dilaksanakan di SMP Muhammadiyah Boarding School Bumiayu Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes dengan cara memasukkan empat standar nasional pendidikan; standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, dan standar penilaian ke dalam langkah-langkah operasional manajemen strategik perumusan atau formulasi, pelaksanaan atau implementasi, dan evaluasi.