Daftar Isi:
  • MIN Grogol Penatus yang berada di desa Grogol Penatus kecamatan Petanahan kabupaten Kebumen adalah suatu lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan Kementrian Agama. Prestasi di MIN Grogol Penatus dari tahun selalu mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan lulusan dari MIN Grogol Penatus mampu melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi yang merupakan Rintisan Sekolah Berstandar Internasionaldi kabupaten Kebumen. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk meneliti tentang pelaksanaan supervisi di MIN Grogol Penatus kecamatan Petanahan kabupaten Kebumen. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui tentang bagaimana pelaksanaan supervisi di MIN Grogol Penatus.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Objek dari penelitian ini adalah pelaksanaan supervisi, sedangkan subjeknya adalah kepala madrasah dan guru-guru yang ada di MIN Grogol Penatus. Dalam mengumpulkan data yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun langkah-langkah dalam menganalisis data yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan skripsi ini adalah pelaksanaan supervisi di MIN Grogol Penatus dengan menggunakan pendekatan langsung dan tidak langsung. Teknik supervisi yang digunakan yaitu yang bersifat individual dan kelompok. Tujuannya untuk mendisiplinkan guru-guru dalam kegiatan pembelajaran. Fungsi dari pelaksanaan supervisi ini adalah memberi fasilitas dan penilaian yang terus menerus serta menganalisis situasi belajar mengajar. Prinsip demokratis merupakan prinsip yang diterapkan kepala madrasah dalam pelaksanaan supervisi. Kata kunci: “pelaksanaan supervisi, pendekatanlangsung, pendekatantidaklangsung, teknik individual, teknikkelompok, prinsipdemokratis”