IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DENGAN METODE YANBU’A DI TPQ AL-FATTAH DESA KEDUNGWERU KECAMATAN AYAH KABUPATEN KEBUMEN
Main Author: | Ahmad Khoirul Fuadi, 1423301079 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6647/1/COVER%20_%20BAB%20I%20_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6647/2/SKRIPSI%20FULL%20FUAD.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6647/ |
Daftar Isi:
- Baca tulis Al-Qur’an adalah melafalkan dan menulis ayat Al-Qur’an dengan mengetahui aturan-aturan yang telah ditetapkan seperti makharijul huruf, panjang pendek, kaidah tajwid dan ghorib (bacaan yang tidak wajar) sehingga tidak terjadi perubahan makna. Metode Yanbu’a merupakan salah satu cara untuk mendidik anak dalam proses belajar membaca dan menulis Al-Qur’an. Penggunaan Metode Yanbu’a diharapkan mampu mendidik anak untuk bisa membaca dan menulis Al-Qur’an sesuai aturan-aturan yang ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara jelas dan mendalam tentang implementasi pembelajaran baca tulis Al-Qur’an dengan metode Yanbu’a di TPQ Al-Fattah Kedungweru. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian lapanganyang bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan analisis data yang dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitianyang diperoleh penulis menunjukan bahwaimplementasi pembelajaran baca tulis Al-Qur’an dengan metode Yanbu’a di TPQ Al-Fattah Desa Kedungweru terbukti dapat meningkatkan kempampuan membaca dan menulis Al-Qur’an dengan baik dan benar.