PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMBACA HURUF HIJAIYAH MELALUI METODE PICTURE AND PICTURE DI KELAS I SDN I SELAKAMBANG KALIGONDANG PURBALINGGA

Main Author: Virghisa, Denisha Ambun
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6624/1/COVER_BAB%20I%20DAN%20BAB%20V.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6624/2/COVER_BAB%20I_BAB%20II_BAB%20III_BAB%20IV_BAB%20V%20DAN%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6624/
http://repository.iainpurwokerto.ac.id
Daftar Isi:
  • Abstrak : Materi huruf hijaiyah merupakan salah satu materi yang sangat penting karena sangat berpengaruh terhadap kualitas bacaan Al-Quran. Dalam ajaran Islam, membaca Al-Quran merupakan salah satu ibadah yang mengandung keutamaan yang sangat besar. Penyajian mata pelajaran PAI khususnya pada materi huruf hijaiyah yang disajikan secara konvensional ternyata hasil belajarnya sangat rendah.hal ini terjadi khususnya pada kelas I SD Negeri I Selakambang. Penelitian tindakan kelas ini berusaha menemukan modifikasi dan inovasi pembelajaran PAI pada materi membaca huruf hijaiyah dengan metode picture and picture. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan september sampai oktober 2018 dengan subjek / sasaran penelitian siswa kelas I SD Negeri I Selakambang yag berjumlah 25 siswa. Peneliti melakukan tindakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri identifikasi masalah, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, spengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi (1) tes, untuk megetahui apakah ada peningkatan kemampuan / hasil belajar siswa, (2) observasi, semua kegiatan proses pembelajaran untuk mengetahui keaktifan siswa dan hasil tindakan, (3) wawancara untuk mngetahui pendapat siswa terhadap jalanya proses pembelajaran, (4) dokumentasi, proses menyediakan dokumen-dokumen dengan menggunakan bukti yang akurat. Dari analisa peneliti, diketahui bahwa prestasi belajar mata pelajaran PAI siswa kelas I SDN I Selakambang Kaligondang Purbalingga mengalami peningkatan yang di tandai dengan hasil tes rata-rata siswa selama proses pembelajaran dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Hal ini menunjukan bahwa prestasi belajar peserta didik dari tiap siklus juga mengalami peningkatan. Nilai secara klasikal pada siklus I rata-rata 67,8 dengan taraf serap 58% pada siklus II meningkat yaitu perolehan nilai rata-rata 74,04 dengan taraf serap 88%. Siswa mempunyai hasil belajar dengan kriteria baik.