PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MADRASAH SALAFIYAH SYAFI’IYYAH AL-ITTIHAAD 2 PASIR KIDUL KECAMATAN PURWOKERTO BARAT KABUPATEN BANYUMAS

Main Author: Rizka Asri Fauziah, 1522402200
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6616/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6616/2/RIZKA%20ASRI%20FAUZIAH_PENINGKATAN%20MOTIVASI%20BELAJAR%20SISWA%20MADRASAH%20SALAFIYAH%20SYAFI%E2%80%99IYYAH%20AL-ITTIHAAD%20.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6616/
Daftar Isi:
  • Motivasi belajar merupakan faktor-faktor yang sama pentingnya bagi performansi siswa untuk belajar dengan sungguh-sungguh. Siswa yang mempunyai motivasi belajar akan mencapai hasil yang optimal dan nilai tinggi dari siswa yang lain. Siswa yang beprestasi adalah siswa yang berhasil dalam pelajaran dengan nilai atau skor terbaik di antara siswa yang lain. Berdasarkan latar belakang tersebut maka yang menjadi masalah penelitian adalah “Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Madrasah Salafiyah Syafi’iyyah Al-Ittihaad 2 Pasir Kidul Kecamatan Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara peningkatan motivasi belajar siswa yang dilakukan oleh para guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun objek penelitian dalam skripsi ini adalah peningkatan motivasi belajar siswa. Sedangkan subjek penelitian dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, dan guru. Cara yang digunakan dalam mengunpulkan data adalah dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya hasil data dan informasi tersebut dipaparkan melalui melalui penjelasan sehingga dapat menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Madrasah Salafiyah Syafi’iyyah Al-Ittihaad 2 Pasir Kidul Kecamatan Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas, menujukkan bahwa kurangnya motivasi belajar siswa. Adapun motivasinya sebagai berikut, yaitu : (1) Bimbingan yang berupa arahan, nasehat dan dukungan. Arahan dan nasehat diberikan pada siswa ketika siswa kurang disiplin atau kurang sopan dalam hal etika. (2) Melakukan hafalan ini dilakukan sesuai dengan jadwal pelajaran yang telah ditentukan. Hafalan ini bertujuan untuk lebih giat lagi dalam hafalannya. (3) Dengan memberikan penilaian guru dan siswa bisa mengetahui tingkat pencapaian dalam proses belajar mengajar. Siswa akan termotivasi untuk belajar jika mengetahui nilainya masih kurang. (4) Pemberian hadiah/reward kepada siswa yang memenangkan kompetisi dalam kelas, berprestasi dalam belajar serta siswa yang paling rajin dalam mengikuti pelajaran di kelas.