KOMPETENSI PROFESIONAL GURU KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 3 BANYUMAS
Main Author: | Resti, Ermawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6613/1/RESTI%20ERMAWATI_KOMPETENSI%20PROFESIONAL%20GURU%20KELAS%20V%20MI%20NEGERI%203%20BANYUMAS.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6613/2/COVER_ABSTRAK_DAFTAR%20ISI_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6613/ |
Daftar Isi:
- Guru sebagai pengajar lebih menekankan kepada tugas dalam merencanakan dan melaksanakan pengajaran. Kompetensi profesional merupakan kompetensi yang harus dikuasai guru dalam kaitannya dengan pelaksanaan tugas utamanya mengajar. MI Negeri 3 Banyumas merupakan madrasah yang dulunya MIN Karangsari dan sekarang menjadi MIN 3 Banyumas yang terakreditasi A, serta banyak yang sekolah di MI tersebut. Dari situlah penulis ingin melakukan penelitian di madrasah tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kompetensi profesional guru kelas V MIN 3 Banyumas. Adapun tujuan penulis melakukan penelitian adalah untuk mendeskripsikan bagaimana kompetensi profesional guru kelas V MIN 3 Banyumas. Penelitian ini dapat digolongkan sebagai penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kualitatif. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi dalam pelaksanaan penelitian ini. Tekhnik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan oleh penulis tentang kompetensi profesional guru kelas V MIN 3 Banyumas maka dapat disimpulkan bahwa guru kelas V MIN 3 Banyumas sudah memenuhi beberapa indikator kompetensi profesional dari 5 indikator kompetensi inti yang terdapat pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru, hanya perlu dilakukan PTK untuk meningkatkan kompetensi profesionalnya.