PERAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MUSIK DALAM PENGEMBANGAN KECERDASAN MUSIKAL PESERTA DIDIK DI MI NEGERI 3 BANYUMAS

Main Author: Ayu, Riyana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6611/1/Ayu%20Riyana_PERAN%20KEGIATAN%20EKSTRAKURIKULER%20MUSIK%20DALAM%20PENGEMBANGAN%20KECERDASAN%20MUSIKAL%20PESERTA%20DIDIK.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6611/2/COVER_ABSTRAK_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6611/
Daftar Isi:
  • Dalam teori kecerdasan terdapat istilah kecerdasan ganda (multiple inteligences). Kecerdasan musikal merupakan kecerdasan ganda yang mencakup kepekaan terhadap ritme, perbedaan nada suara, dan kemampuan untuk memainkan alat musik. Minimnya orang tua yang sadar akan pentingnya mendeteksi dan mengembangkan kecerdasan musikal anak, menjadikan sekolahan sebagai wadah yang tepat untuk menggali dan mengembangkan kecerdasan musikal anak. Salah satu upaya sekolahan untuk mengembangkan kecerdasan musikal adalah dengan diadakannya kegiatan ekstrakurikuler. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana peran kegiatan ekstrakurikuler musik dalam pengembangan kecerdasan musikal peserta didik di MI Negeri 3 Banyumas. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini subjek penelitiannya adalah Kepala MI Negeri 3 Banyumas, pembina dan pelatih ekstrakurikuler musik, dan siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler musik di MI Negeri 3 Banyumas. Sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah pengembangan kecerdasan musikal peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler musik. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian dalam analisis data, peneliti menggunakan teori Miles dan Humberman yaitu mulai dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian tentang peran kegiatan ekstrakurikuler musik dalam pengembangan kecerdasan musikal peserta didik di MI Negeri 3 Banyumas adalah: Mengetahui bahwa di MI Negeri 3 Banyumas terdapat dua ekstrakurikuler musik yaitu ekstrakurikuler hadroh dan ekstrakurikuler drumband. Pengembangan kecerdasan musikal peserta didik, yaitu dengan cara menyeleksi kemampuan siswa dalam bermain music, pemberian materi, memberikan praktek latihan musik dan bernyanu kepada siswa supaya siswa mahir dalam memainkan musik, selanjutnya dengan memberikan motivasi terhadap anak supaya anak terus semangat ketika mengikuti latihan. Hasil pengembangan kecerdasan musikal ini membuat siswa memiliki antusias yang tinggi terhadap musik, bisa memainkan alat musik.