Daftar Isi:
  • Sekolah merupakan salah satu tempat untuk menanamkan berbagai karakter. Salah satu yang terkandung dalam pendidikan karakter adalah nilai religius.Penanaman karakter dapat dilakukan dengan berbagai cara baik melalui pembelajaran di kelas maupun kegiatan lain di luar jam pelajaran. Penanaman karakter religius dilakukan untuk menciptakan generasai yang memiliki kedekatan yang baik dengan Sang Pencipta sehingga berdampak positif dalam kehidupan dunia dan akhiratnya kelak. SMK Al-Kautsar Purwokerto merupakan salah satu sekolah yang menanamkan nilai-nilai religius melalui kegiatan rutin hari jum’at pagi berupa kegiatan yasin tahli. Penelitian ini fokus pada : “Bagaimana penanaman nilai-nilai religius pada siswa melalui kegiatan yasin tahlil”. Penelitian dilakukan di SMK Al-Kautsar karena kegiatan yasin tahlil ini masih terbilang langka atau jarang diadakan di sekolah sebagai kegiatan rutin harian. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Informasi mengenai subjek penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap penanggung jawab kegiatan, dan beberapa siswa. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pola Milles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa penanaman nilai-nilai religius pada siswa di SMK Al-Kautsar dilaksanakan dengan metode pembiasaan, metode keteladanan, dan metode hukuman yang terdapat dalam pelaksanaan kegiatan rutin yasin tahlil. Sementara itu nilai-nilai religius yang hendak di tanamkan melalui kegiatan yasin tahlil tersebut adalah nilai iman, ibadah, akhlah dan disiplin tinggi.