PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAARAN PAI MATERI THAHARAH KELAS IV SDN 1 PURBALINGGA WETAN KECAMATAN PURBALINGGA KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Main Author: Supriati, Titi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6584/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6584/2/TITI%20SUPRIATI__Penerapan%20Metode%20Mind%20Mapping%20Untuk%20Meningkatkan%20Hasil%20Belajar%20Siswa%20Dalam%20Pembela.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6584/
http://repository.iainpurwokerto.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalu metode mind mapping pada siswa kelas IV sdn 1 Purbalingga Wetan Kecamatan Purbalingga Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) dengan menggunakan 2 siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Purbalingga Wetan semester I Tahun pelajaran 2019/2020 yng berjumlah 32 siswa dan objek penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran mind mapping pada mata pelajaran PAI materi thaharah. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskritif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam berlangsung dari kondisi pada pra siklus adalah 10 siswa dari 32 siswa yang tuntas atau 31,25 %, sedangkan yang belum tuntas adalah 22 siswa atau 68,75 %. Siklus pertama terjadi peningkatan 21 dari 32 siswa yang sudah tuntas atau 65,62 % sedangkan yang belum tuntas 11 dari 32 siswa atau 34,38 %, pada siklus kedua terjadi peningkatan menjadi 90,62 %. Hasil pengamatan tersebut di atas, kondisi awal memperoleh nilai dengan rata-rata 65,75, pada siklus pertama memperoleh nilai dengan nilai rata-rata 73,12, kemudian pada siklus kedua memperoleh nilai dengan rata-rata 80,93. Selain dari meningkatnya hasil belajar, keaktifan siswa dalam proses pembelajaran di kelas juga ikut mengalami peningkatan.