PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MATERI HUKUM BACAAN NUN SUKUN DAN TANWIN MELALUI METODE MIND MAPPING SISWA KELAS V DI SD NEGERI 1 PENAMBONGAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020 KECAMATAN PURBALINGGA KABUPATEN PURBALINGGA
Main Author: | Rozalina, Ida |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6582/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20%20PUST%20AKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6582/2/IDA%20ROZALIA__PENINGKATAN%20HASIL%20BELAJAR%20PAI%20MATERI%20HUKUM%20BACAAN%20NUN%20SUKUN%20DAN%20TANWIN%20MELALUI%20METOD.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6582/ http://repository.iainpurwokerto.ac.id |
Daftar Isi:
- Berangkat dari observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti pada tanggal 10 April 2019, siswa SD N 1 Penambongan memiliki kesulitan memahami materi hukum bacaan nun sukun dan tanwin. Anggapan bahwa materi terlalu banyak dan kesulitan mengidentifikasi contoh bacaaan menjadi pokok permasalahan belajar siswa. Hal tersebut ditandai dengan perolehan ketuntasan siswa pada ulangan harian yang hanya mencapai 52 %. Artinya dari 23 siswa, hanya 12 yang memperoleh nilai diatas KKM. Berdasarkan latar belakang tersebut, perlu adanya tindakan perbaikkan dalam pembelajaran dan menurut peneliti, metode mind mapping cocok digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V karena mempermudah siswa untuk memetakan informasi yang cukup banyak sekaligus menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar materi hukum bacaan nun sukun dan tanwin melalui metode mind mapping pada siswa kelas V di SD N 1 Penambongan. Subjek dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD N 1 Penambongan, sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah perubahan prilaku atau perubahan hasil belajar siswa pada materi hukum bacaan nun sukun dan tanwin. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan teknik pengumpulan data menggunakaan metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, peneliti menggunakan rumus P = f/N x 100% (P = angka persentase kenaikkan nilai, f = jumlah siswa yang tuntas, N = jumlah seluruh siswa). Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar pada materi hukum bacaan nun sukun dan tanwin menggunakan metode mind mapping. Kegiatan penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Pada siklus I, ketuntasan belajar mencapai 65 % dan meningkat menjadi 91 % disiklus II. Begitu pula dengan nilai rata-rata yang semula hanya 76.3 menjadi 81.3 disiklus II. Hal ini membuktikan bahwa metode mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran PAI materi hukum bacaan nun sukun dan tanwin.