ENGLISH TEACHING STRATEGIES ON INCLUSIVE CLASS AT SMP PERMATA HATI PURWOKERTO
Main Author: | Indah, Wahyu Agusti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6574/1/COVER%20CHAPTER%20I%20CHAPTER%20V%20BLIBLIOGRAPY.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6574/2/ENGLISH%20TEACHING%20STRATEGIES%20ON%20INCLUSIVE%20CLASS%20AT%20SMP%20PERMAT.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6574/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang strategi pengajaran bahasa Inggris pada kelas inklusi di SMP Permata Hati Purwokerto. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan strategi pengajaran bahasa Inggris di sekolah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian yang berjenis penelitian kualitatif dengan mengambil latar SMP Permata Hati Purwokerto. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan interview, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskripsi, yaitu dengan cara: (1) reduksi data, (2) Penyajian Data, dan (3) penarikan kesimpulan. Penelitian tentang strategi pengajaran bahasa Inggris pada kelas inklusi di SMP Permata Hati Purwokerto diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Strategi Pengajaran bahasa Inggris pada kelas inklusi di SMP Permata Hati Purwokerto mencakup beberapa hal yaitu kegiatan pembelajaran, strategi pembelajaran, media yang digunakan, waktu tatap muka, dan pengelolaan kelas. Strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru bahasa Inggris pada kelas Inklusi di SMP Permata Hati Purwokerto yaitu strategi pembelajaran kontekstual. Metode yang digunakan adalah metode tanya jawab. Media yang digunakan yaitu berupa index card. Adapun pengelolaan kelas sangat diperhatikan dan dikelola dengan baik oleh guru mata pelajaran dan guru pendamping kelas saat pembelajaran berlangsung. (2) Evaluasi Pembelajaran Bahasa Inggris di SMP Permata Hati Purwokerto pada kelas inklusi sudah sesuai dengan kebijakan sekolah menyesuaikan dengan kemampuan siswa berkebutuhan khusus dengan memodifikai dan mengadaptasi sesuai dengan aspek kognitif siswa. (3) Penerapan strategi pengajaran dan pembelajaran kontekstual bahasa Inggris pada kelas inklusi di SMP Permata Hati Purwokerto yang dimodifikasi dan disesuaikan dengan keadaan siswa berkebutuhan khusus dan siswa reguler berjalan dengan efektif. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, Bahasa Inggris, dan Inklusif Kelas