PEMBINAAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AL-AKHLAK AL-KARIMAH PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) NEGERI BANJARNEGARA

Main Author: Rinta Dian Anugrah, 1522402073
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6544/1/COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6544/2/RINTA%20DIAN%20ANUGRAH_PEMBINAAN%20NILAI-NILAI%20PENDIDIKAN%20AL-AKHLA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6544/
Daftar Isi:
  • Seiringperkembanganzaman, masalah-masalah yang munculdalamduniapendidikansemakinmeningkat.Kerusakanakhlakmenjadimasalahutama, mulaidarihilangnyaakhlakbaik yang seharusnyaada di jiwaseseorangdanbanyaknyakasuskasus yang melatarbelakangikurangnyapegetahuantentangpendidikanakhlak.Pembinaannilai-nilaipendidikanAl-Akhlak Al-KarimahsalahsatualternatifdalammenanamkanAl-Akhlak Al-Karimahpadasiswaataupesertadidik. Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanbagaimanaupaya guru dalamdalammenanamkanpembinaannilai-nilaipendidikanAl-Akhlak Al-KarimahpadaanaktunagrahitadenganmenerapkanberbagaibentukdariAl-Akhlak Al-Karimahmenggunakanbeberapametode-metodedalampembinaannya. Jenispenelitianinimerupakanpenelitiankualitatif.Sumber data diperolehmelaluiobservasi, wawancaradandokumentasi.Setelahitu data yang diperolehdianalisisdenganmereduksi data, penyajian data, danmembuatkesimpulan. Berdasarkanhasilpenelitian yang diperolehdarisiswadan guru di SLB N Banjarnegarabahwakelainan yang terjadipadaanakberkebutuhankhusustunagrahitamemilikihambatandalammemahamisesuatusertamemilikitingkatkecerdasan yang tidaksepertianak normal padaumumnya.Makasangatdibutuhkanpendidikankhususbagianaktunagrahita, seperti yang diterapkan di SLB N Banjarnegara yang memilikipendidikankhususbagianaktunagrahitasalahsatunyauntukmembinanilai-nilaipendidikanAl-Akhlak Al-KarimahsepertimenerapkanbentukAl-Akhlak Al-Karimahmelaluikegiatansehari-haridenganmenggunakanbeberapametode yang dipilihmenyesuaikankebutuhananaktunagrahita.