PEMBINAAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AL-AKHLAK AL-KARIMAH PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) NEGERI BANJARNEGARA
Main Author: | Rinta Dian Anugrah, 1522402073 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6544/1/COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6544/2/RINTA%20DIAN%20ANUGRAH_PEMBINAAN%20NILAI-NILAI%20PENDIDIKAN%20AL-AKHLA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6544/ |
Daftar Isi:
- Seiringperkembanganzaman, masalah-masalah yang munculdalamduniapendidikansemakinmeningkat.Kerusakanakhlakmenjadimasalahutama, mulaidarihilangnyaakhlakbaik yang seharusnyaada di jiwaseseorangdanbanyaknyakasuskasus yang melatarbelakangikurangnyapegetahuantentangpendidikanakhlak.Pembinaannilai-nilaipendidikanAl-Akhlak Al-KarimahsalahsatualternatifdalammenanamkanAl-Akhlak Al-Karimahpadasiswaataupesertadidik. Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanbagaimanaupaya guru dalamdalammenanamkanpembinaannilai-nilaipendidikanAl-Akhlak Al-KarimahpadaanaktunagrahitadenganmenerapkanberbagaibentukdariAl-Akhlak Al-Karimahmenggunakanbeberapametode-metodedalampembinaannya. Jenispenelitianinimerupakanpenelitiankualitatif.Sumber data diperolehmelaluiobservasi, wawancaradandokumentasi.Setelahitu data yang diperolehdianalisisdenganmereduksi data, penyajian data, danmembuatkesimpulan. Berdasarkanhasilpenelitian yang diperolehdarisiswadan guru di SLB N Banjarnegarabahwakelainan yang terjadipadaanakberkebutuhankhusustunagrahitamemilikihambatandalammemahamisesuatusertamemilikitingkatkecerdasan yang tidaksepertianak normal padaumumnya.Makasangatdibutuhkanpendidikankhususbagianaktunagrahita, seperti yang diterapkan di SLB N Banjarnegara yang memilikipendidikankhususbagianaktunagrahitasalahsatunyauntukmembinanilai-nilaipendidikanAl-Akhlak Al-KarimahsepertimenerapkanbentukAl-Akhlak Al-Karimahmelaluikegiatansehari-haridenganmenggunakanbeberapametode yang dipilihmenyesuaikankebutuhananaktunagrahita.