PERAN KEPALA SEKOLAH DALA MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN DI SMA NEGERI 1 KROYA KABUPATEN CILACAP
Main Author: | Reni, Wahyuningsih |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6532/1/COVER_BAB%20I%20DAN%20BAB%20V.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6532/2/COVER_BAB%20I_BAB%20II_BAB%20III_BAB%20IV_BAB%20V%20DAN%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6532/ |
Daftar Isi:
- Dalam suatu lembaga pendidikan kepala sekolah memiliki peran yang sangat menetukan maju mundurnya suatu lembaga pendidikan karena kepala sekolah merupakan salah satu komponen pendidikan yang paling berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan bertanggung jawab atas manajemen pendidikan secara langsung yang berkaitan dengan semua proses yang ada di suatu sekolah. Dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya tidak terlepas dari unsur yang utama yaitu lembaga pendidikan, sebagai wadah terselenggaranya proses pendidikan. Kepala sekolah memiliki peran yang besar dalam proses peningkatan manajemen lembaga pendidikan, salah satunya yaitu kepala sekolah sebagai puncak pimpinan yang berhak mengambil keputusan dan memberikan wewenang untuk para guru dan semua warga sekolah, kepala sekolah juga melakukan pengawasan dan monitoring terhadap semua hal yang berkaitan dengan sekolah pada khususnya dan lembaga pendidikan pada umumnya. Tujuan dilakukannya penelitian ini, untuk mengetahui Peran Kepala Sekolah dalam Manajemen Mutu Lembaga Pendidikan di SMA Negeri 1 Kroya Kabupaten Cilacap. Penelitian yang penulis lakukan adalah termasuk kedalam jenis penelitian kualitatif. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, waka, ka tu, dan guru yang ada di SMA Negeri 1 Kroya Kabupaten Cilacap. Dari hasil penelitian kemudian data dikumpulkan dan dianalisis, kemudian data tersebut direduksi, selanjutnya data tersebut disajikan dalam bentuk deskriptif dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Peran Kepala Sekolah dalam Manajemen Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan di SMA Negeri 1 Kroya direalisasikan dalam bentuk kegiatan kaitannya dengan ketercapaian program serta kebijakan sekolah. Dalam manajemen peningkatkan mutu lembaga pendidikan di SMA Negeri 1 Kroya, dilakukan 4 tahap sesuai dengan konsep “PDCA” yaitu plan (perencanaan), do (pelaksanaan), check (pengecekan), dan act (penindaklanjutan). Kata Kunci : Kepala Sekolah, Manajemen Lembaga Pendidikan