MANAJEMEN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI TK DIPOENGORO 73 LANGGONGSARI KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS
Main Author: | Asfiya, Arina Hillyatin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6511/1/ARINA%20HILYATIL%20ASFIYA_MANAJEMEN%20PENDIDIKAN%20ANAK%20USIA%20DINI%20DI%20TK%20DIPONEGORO%2073%20LANGGONGSARI%20KECAMA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6511/2/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6511/ http://repository.iainpurwokerto.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa manajemen pada anak usia dini sangat penting dan di TK Dipongoro 73 Langgongsari sudah memiliki manajemen yang baik . Berdasarkan latar belakang tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang mengkaji tentang manajemen pendidikan anak usia dini di TK Diponegoro 73 Langgongsari Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “bagaimana manajemen pendidikan anak usia dini di TK Diponegoro 73 Langgongsari Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses manajemen pendidikan anak usia dini di TK Diponegoro 73 Langgongsari apakah sudah sesuai langkah-langkah pelaksanaannya atau belum. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah fenomenologis Obyek dalam penelitian ini adalah Manajemen pendidikan anak usia dini. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif yang meliputi mengumpulkan data, reduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan manajemen pendidikan anak usia dini di TK Diponegoro 73 Langgongsari sudah sesuai dengan teori manajemen pendidikan anak usia dini yang telah penulis paparkan dalam bab 2. Hal ini terlihat dari perencanaan yang dilakukan pada awal tahun, pengorganisasian yang jelas tugas dan tanggung jawab masing-masing. Penggerakkan yang dilakukan oleh kepala sekolah berupa keteladanan, motivasi dan kepemimpinan serta pengawasan yang dilakukan pada akhir tahun.