PENANAMAN KARAKTER RELIGIUS DI SD TERPADU PUTRA HARAPAN PURWOKERTO PADA SISWA KELAS V TAHUN AJARAN 2019/2020

Main Author: ACHMAD FAIS, 1423305002
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6506/1/ACHMAD%20FAIS_fuel%20skripsi.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6506/2/COVER_ABSTRAK_DAFTAR%20ISI_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6506/
Daftar Isi:
  • SD Terpadu Putra HarapanPurwokertoadalah Salah satulembagapendidikansekolahdasar yang peduliterhadappengembangankarakterreligiussiswa.Kepeduliansekolahiniterhadapkarakterreligiussiswadibuktikandenganmengoptimakanpenanamankarakterreligussiswamelalui program unggulanyakni program binaaqidahdanibadahdenganketeladananataupembiasaan, dimanadidalamnyaterdapatkegiatankeseharian yang membudayaataudibiasakansecararutindemi terwujudnyapesertadidik yangberkarakterreligius. Namunkarenaketerbatsanwaktudanpertimbanganlainyaserta demi terciptanyapenelitian yang lebihbermaknamakapenelitihanyamemfokuskanpenelitianinisecarakhususpadakelasatassajayaknikelas V. Rumusanmasalahpadapenelitianiniadalahbagaimanapenanamankarakterreligius di SD Terpadu Putra HarapanPurwokertopadasiswakelas V tahunajaran 2019/2020? Penelitianinimerupakanpenelitianlapanganatau field research ,denganJenispenelitiankualitatif. Penyajian data dilakukansecaradeskriptifdenganmetodewawancara, observasidandokumentasi. Adapun yang menjadisubjekpenelitianadalahkepalasekolah, wakilkepalasekolah, guru, danpesertadidik.Analisis data peneliprogram binaaqidahdanibadahdenganketeladananataupembiasaantimenggunakan model Miles danHuberman. Hasilpenelitianinimenggambarkanpenanamankarakterreligiuspadasiswakelas V melaluikegiatan-kegiatankeseharian yang diadakan SD Terpadu Putra Harapan yang dapatmenumbuhkanbudayareligius demi terciptanyakarakterreligiussebagaimanakegiatan yang diadakansesuaidenganpendapatFathurrohmandalambukunyabudayareligiusdalammeningkatkanmutupendidikandandapatdikatakanberhasilkarenasiswasudahmenunjukkannilai(karakter) religiusyakninilaiibadahsertasiswatelahmenunjukkanindikatorkarakterreligiusyakniiman yang utuh, ibadahtekundanberakhlaqulkarimah. Beberapamasalah yang menghambatpenanamankarakterreligiusinimisalnyakonflik yang terjadidari orang tua yang tidakmauanaknyatersenggolsedikitlalumenuntut guru berbuatadil, kemudiankeluarnya guru yang telahdibinasekolah lama danmasuknya guru yang belummengertiakhlakdankebiasaan yang ada, jadiperludibinalagiolehsekolah, kemudiankonflikantaraanakberkebutuhankhususdengananak-anak normal lainnya, guru memerlukancaraterbaikdantenagaekstradalammenyelesaikannya, guru haruspengertianterhadapanakberkebutuhankhususdanmemberipengertiankepadaanak yang normal agaranak yang normal bisalebihpengertianterhadapanakberkebutuhankhusus. Kata Kunci :Penanamankarakterreligius, kegiatankeseharianbernilaireligius