Daftar Isi:
  • Bimbingan adalah proses pemberian bantuan yang dilakukan oleh orang ahli kepada seseorang atau beberapa individu, baik anak-anak, remaja, maupun dewasa. agar orang yang dibimbingan dapat mengembangkan kemampun dirinya sendiri dan mandiri, dengan memanfaatkan kekuatan individu dan sarana yang ada dan dikembangkan berdasarkan norma-normayang berlaku. Bimbingan kelompok adalah layanan bimbingan yang diberikan dalam suasana kelompok diselenggarakan untuk memberikan informasi yang bersifat personal, vokasional, dan sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan bimbingan kelompok bagi santri di Pondok Pesantren Muhammadiyah Tahfidzul Qur’an Sirau. Jika ditinjau dari lokasi sumber data, sifat penelitian ini adalah deskriptif dimana penelitian untuk membuat gambaran mengenai situasi atau kejadian, sehingga berkehendak mengadakan akumulasi data dasar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Dalam kegiatan bimbingan kelompok bagi santri di Pondok Pesantren Muhammadiyah Tahfidzul Qur’an Sirau, santri di dampingi pengurus santri. Dalam penerapannya Pondok Pesantren Muhammadiyah Tahfidzul Qur’an Sirau membagi menjadi tiga kelompok sesuai jenjang pendidikan santri. Dalam penerapan bimbingan kelompok yang dimaksud dalam penelitian ini yaitu: Bimbingan kelompk Usia Sekolah Dasar , Bimbingan kelompok Usia Sekolah SMP, Bimbingan kelompok Usia Sekolah SMA. Pondok Pesantren Muhammadiyah Tahfidzul Qur’an Sirau menerapkan pedoman layanan bimbingan konseling pola 17 , dimana bimbingan kelompok sebagai layanan pendukung bimbingan konseling yang laksanakan di Pondok Pesantren Muhammadiyah Tahfidzul Qur’an Sirau. Dalam bimbingan kelompok, pelayanan ini membantu santri untuk menumbuhkan dan mengembangkan sikap dan kebiasaan belajar yang baik dalam menguasai pengetahuan dan keterampilan santri.