Motivasi Belajar Santri dalam Mengikuti Pendidikan di Madrasah Diniyah Raden Fatah Kecamatan Cimanggu Kabupaten Cilacap

Main Author: NISA FADLILAH, 1522402072
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6405/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6405/2/NISA%20FADLILAH_MOTIVASI%20BELAJAR%20SANTRI.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6405/
Daftar Isi:
  • Motivasi belajar santri merupakan perubahan energi dalam diri santri yang ditandai dengan timbulnya perasaan dan reaksi untuk melakukan kegiatan belajar sehingga tujuan yang dikehendaki tercapai. Santri yang memiliki motivasi yang kuat, akan memiliki banyak energi untuk kegiatan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar santri dalam mengikuti pendidikan di Madrasah Diniyah Raden Fatah Kecamatan Cimanggu Kabupaten Cilacap. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif.Adapun objek penelitian dalam skripsi ini adalah motivasi belajar santri dalam mengikuti pendidikan.Sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah kepala madrasahdiniyah, ustadz/ustadzah, dan santri.Cara yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah dengan metode observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi.Penulis menggunakan teknik analisis datameliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa motivasi belajar santri dalam mengikuti pendidikan di Madrasah Diniyah Raden Fatah Kecamatan Cimanggu Kabupaten Cilacap ada dua yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik.Motivasi intrinsik ditandai dengan keinginan santri untuk mengetahui lebih dalam materi yang diajarkan, kemauan untuk belajar mengaji dan aktif dalam pembelajaran. Sedangkan santri yang memiliki motivasi ekstrinsik ditandai dengan adanya bentuk apresiasi dari teman-teman, adanya penghargaan dari Ustadz maupun Madrasah Diniyah, keadaan santri, orangtua, lingkungan, dan suasana belajar.