PEMBENTUKAN KARAKTER MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL DI TK DIPONEGORO 140 RAWALO KECAMATAN RAWALO KABUPATEN BANYUMAS

Main Author: Witasari, Oki
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6384/1/COVER_ABSTRAK_DAFTAR%20ISI_BAB_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6384/2/OKI%20WITASARI_PEMBENTUKAN%20KARAKTER%20MELALUI%20PERMAINAN.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6384/
http://repository.iainpurwokerto.ac.id
Daftar Isi:
  • Karakter merupakan hal yang sangat penting untuk ditanamkan sejak dini, karena dengan adanya pembentukan karakter anak dapat membedakan mana hal baik dan buruk serta mana hal yang boleh dilakukan dan mana hal yang tidak boleh dilakukan. Setiap orang tua menginginkan anaknya tumbuh menjadi anak yang berakhak baik sopan dan santun. Setiap anak dilahirkan seperti kertas putih maka dengan adanya pembentukan karakter maka anak akan tumbuh menjadi anak yang berkarakter. Permainan tradisional adalah salah satu media yang dapat membentuk karakter anak. Dengan permainan tradisional anak akan bermain serta belajar anak akan mengerti apa saja nilai-nilai kebaikan karena di dalam permainan tradisional terdapat banyak nilai-nilai kebaikan. Selain bermain anak akan mengerti apa saja nilai-nilai kebaikan anak akan mencintai kebaikan dan anak akan melakukan kebaikan. Di TK Diponegoro 140 Rawalo, karakter anak yang terbentuk masih rendah, masih kurangnya dorongan atau motivasi dari pendidik pada kegiatan permainan tradisional.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pembentukan karakter melalui permainan tradisional di TK Diponegoro 140 Rawalo. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif-kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini antara lain dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi kemudian data dianalisis dengan menggunakan model Miles and Huberman, yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menujukan bahwa pembentukan karakter melalui permainan tradisional di TK Diponegoro 140 Rawalo adalah melalui tiga komponen yaitu moral knowing, moral feling, moral action . Kemudian langkah-langkah yang dilakukan adalah dengan pemberian pengetahuan tentang nilai-nilai kebaikan melalui permainan tradisional, pemberian motivasi untuk melakukan nilai-nilai kebaikan melalui permainan tradisional, pemberian arahan untuk melakukan nilai-nilai kebaikan melalui permainan tradisional.