PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI SD NEGERI 01 GRANTUNG
Main Author: | Subhi, Syukron Fajar |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6378/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6378/2/SYUKRON%20FAJAR%20SUBHI_PENDIDIKAN%20KARAKTER%20PADA%20PEMBELAJARAN%20TEMATIK%20.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6378/ http://repository.iainpurwokerto.ac.id |
Daftar Isi:
- Pendidikan karakter merupakan Salah satu cara guru untuk mengajarkan atau menanamkan kebiasaan baik kepada peserta didik tertutama yang di dalamnya terdapat komponen meliputi etika, kesadaran, pemahaman,emosional, kepedulian, dan komitmen yang tinggi baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama, dan masyarakat. Penanaman karakter tersebut dibentuk melalui pembelajaran tematik, dimana pembelajaran tematik ini dapat mengkaitkan beberapa aspek dalam kehidupan sehari-hari peserta didik, yang nantinya dapat diterapkan di lingkungan peserta didik. Pokok permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini ialah terkait bagaiman pendidikan karakter dalam pembelajaran tematik untuk membangun etika, kesadaran, pemahaman,emosional, kepedulian, dan komitmen yang tinggi baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama, dan masyarakat yang diterapkan di SD Negeri 01 Grantung. Jenis penelitian yang digunakan ialah deskriptif kualitatif (penelitian lapangan) dengan subjek penelitian adalah kepala sekolah, Guru kelas serta siswa sebagai pelaksana pendidikan karakter. Objek penelitian ini adalah pendidikan karakter dalam pembelajaran tematik. Metode pengumpulan datanya yaitu obervasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan yang terakhir penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pendidikan karakter dalam pembelajaran tematik di SD Negeri 01 Grantung sudah dilaksanakan dengan baik. Hal ini bisa dilihat dari upaya guru dalam membangun etika, kesadaran, pemahaman, emosional, kepedulian, dan komitmen yang tinggi baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama, dan masyarakat. Cara yang ditempuh guru untuk menanamkan karakter dalam pembelajaran tematik ini melalui pembiasaan, pengajaran, mengingatkan serta metode tanya jawab.