PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM POKOK BAHASAN IMAN KEPADA MALAIKAT MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 2 DAWUHAN KECAMATAN PADAMARA KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Main Author: Ristiani, Deny
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6364/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6364/2/DENY%20RISTIANI_PENINGKATAN%20HASIL%20BELAJAR%20MATA%20PELAJARAN%20PENDIDIKAN%20AGAMA%20ISLAM%20POKOK%20BAHASAN%20IMAN%20.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6364/3/ABSTRAK.docx
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6364/
http://repository.iainpurwokerto.ac.id
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV melalui model pembelajaran kooperatif group investigation mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pokok bahasan iman kepada malaikat di SDN 2 Dawuhan Kecamatan Padamara Kabupaten Purbalingga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan yang mengacu pada model Penelitian Tindakan Kelas terdiri dari dua siklus yang meliputi empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitatif dengan statistik deskriptif yaitu membandingkan hasil yang diperoleh dari siklus pertama dan siklus kedua. Sedangkan analisis data kualitatif dengan cara menganalisis data dari hasil catatan lapangan dan wawancara selama penelitian dengan langkah-langkah. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran kooperatif group investigation, dapat dibuktikan dengan rata-rata skor ketuntasan nilai sebelum tindakan sebesar 36.36%. Dan hasil tes rata-rata siswa selama proses pembelajaran dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai yang mereka peroleh dalam tes evaluasi siklus I dan II mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Jika pada siklus I ketuntasan siswa hanya 60.61 % menjadi 87.88 % pada siklus II.