DIVERSIFIKASI SEBAGAI STRATEGI KORPORASI DAN DAMPAKNYA TERHADAP SUSTAINABILITY BUSINESS PERFORMANCE (Studi Kasus Pada CV. Rajasa Mas Jaya Desa Maos Kidul Kecamatan Maos Kabupaten Cilacap)
Main Author: | Aqmal, Hari Faishal |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6296/1/Cover_BAB%20I%20PENDAHULUAN_BAB%20V%20PENUTUP_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6296/2/Harry%20Faishal%20Aqmal_DIVERSIFIKASI%20SEBAGAI%20STRATEGI%20KORPORASI.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6296/ http://repository.iainpurwokerto.ac.id |
Daftar Isi:
- Diversifikasi adalah upaya mencari dan mengembangkan produk atau pasar yang baru atau keduanya dalam rangka mengejar pertumbuhan, peningkatkan penjualan, profitabilitas dan fleksibilitas. CV. Rajasa Mas Jaya adalah sebuah industri yang telah berhasil melakukan strategi diversifikasi. Berawal dari industri batik khas Maos dengan nama Rajasa Mas hingga pada akhirnya berhasil melakukan diversifikasi produk dengan membuat produk home living berbahan baku perca batik yang dianyam pada sebuah kerajinan yang diberi nama Raja Serayu. Pelaksanaan strategi diversifikasi juga membawa dampak bagi kinerja perusahaan. Dalam penelitian ini kinerja perusahaan diukur dengan menggunakan teori Quardrangle Bottom Line (QBL), bahwa sebuah kinerja bisnis yang berkelanjutan (sustainability business performance), harus memperhatikan beberapa faktor baik secara ekonomi, sosial, lingkungan dan spiritual. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitiannya adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian dan kemudian penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan data pada penelitian ini menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan strategi diversifikasi dilakukan melalui 8 tahapan, diantaranya adalah : adanya ide, penyaringan gagasan, pengembangan dan pengujian konsep, pengembangan strategi pemasaran, analisis bisnis, pengembangan produk, pengujian pasar dan tahap komersialisasi. Jenis diversifikasi yang dilakukan oleh CV. Rajasa Mas Jaya adalah diversifikasi konglomerat dan konsentris. Pelaksanaan diversifikasi pada CV. Rajasa Mas Jaya juga membawa dampak yang baik bagi keberlangsungan ekonomi, sosial, lingkungan maupun spiritual.