MANAJEMEN OPTIMALISASI PENGGUNAAN SARANA DAN PRASARANA DI SMP NEGERI 1 JATILAWANG KABUPATEN BANYUMAS
Main Author: | Maqnun, Hendro Johar |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6265/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6265/2/MANAJEMEN%20OPTIMALISASI%20PENGGUNAAANSARANA%20DAN%20PRASARANA%20DI%20SM.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6265/ http://repository.iainpurwokerto.ac.id |
Daftar Isi:
- Kesungguhan lembaga pendidikan dalam menyiapkan sarana dan prasarana adalah faktor yang sangat penting dalam pendidikan dan menjadi satu dari delapan Standar Nasional Pendidikan selain merancang kurikulum atau menyediakan tenaga pendidik yang berkualitas. Begitu pentingnya setiap institusi berusaha memenuhi sarana dan prasarana sesuai standar pendidikan. Oleh karena itu, diperlukan adanya optimalisasi dalam penggunaan sarana dan prasarana pendidikan untuk mewujudkan kegiatan belajar mengajar yang efisien, efektif, dan maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah penulis ingin mengetahui bagaimana manajemen optimalisasi penggunaan sarana dan prasarana di SMP Negeri 1 Jatilawang Kabupaten Banyumas. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang sarana dan prasarana dan siswa SMP Negeri 1 Jatilawang Kabupaten Banyumas dengan metode penelitiannya melalui wawancara dengan subjek yang ditentukan, observasi, dan dokumentasi terhadap data-data. Sedangkan dalam teknik analisis data penulis mengunakan empat langkah yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa manajemen optimalisasi pengunaan sarana dan prasarana di SMP Negeri 1 Jatilawang Kabupaten Banyumas berjalan dengan efisien, efektif, dan maksimal. Bukti terlaksananya manajemen optimalisasi penggunaan sarana dan prasarana diinstansi tersebut meliputi memahami petunjuk penggunaan sarana dan prasarana, adanya kegiatan pemahaman petunjuk pengunaan ruangan dan barang melalui tulisan yang terpasang di setiap ruangan maupun barang serta melalui lisan. Kemudian pengaturan perlengkapan sekolah, adanya penataan gedung yang rapi sesuai tingkatan kelas, penataan perabot dan inventarisasi. Selanjutnya pemeliharaan perlengkapan sekolah, yang meliputi pemeliharaan jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Tangungjawab dalam pengunaan sarana dan prasarana, penanaman sikap tanggungjawab melalui program kelas mandiri.